Advertisement

Masyarakat Harus Sadar Wisata

Ujang Hasanudin
Jum'at, 15 November 2019 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Masyarakat Harus Sadar Wisata Narasumber dan peserta Kampanye Sadar Wisata 2019 yang digelar Dinas Pariwisata DIY berfoto bersama di Sendang Payungan, Dusun Payungan, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, Jumat (15/11/2019). - Istimewa/Dispar DIY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kesadaran masyarakat akan pariwisata menjadi aspek yang sangat penting dalam pengembangan wisata suatu daerah.

Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pariwisata API, Endang Widayati, menilai banyak objek wisata yang sudah maju di Bantul, namun kesadaran masyarakatnya masih kurang sehingga kesulitan dalam menerapkan Sapta Pesona Wisata. Padahal Sapta Pesona Wisata merupakan fondasi dasar mengembangkan objek wisata dan mempertahankannya.

Advertisement

“Pentingnya masyarakat memahami sadar wisata. Setelah sadar wisata terbangun maka akan mudah menerapkan Sapta Pesona Pariwisata,” kata Endang dalam Kampanye Sadar Wisata 2019 yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) DIY di kawasan wisata Sendang Payungan, Dusun Payungan, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, Jumat (15/11/2019).

Sapta Pesona Wisata, kata dia, masing-masing adalah aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Aman berarti wisatawan merasa aman saat berkunjung ke objek wisata dari berbagai gangguan; tertib dari sisi lalu lintas, parkir, tidak terjadi penumpukan; menjaga kebersihan objek wisata, kulinernya, sampai pengelolanya; terasa sejuk dan indah dipandang yang salah satunya dibuktikan dengan banyaknya tanaman penghijau.

Selain itu ramah dan kenangan juga diperlukan, karena wisatawan akan mengingat bagaimana sikap pengelola wisata maupun masyarakat sekitar objek wisata yang dikunjungi wisatawan. Dengan demikian masyarakat akan terdorong untuk datang kembali ke objek wisata yang sama di kemudian hari.

Kasi Kelembagaan Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY Sri Purwanti mengatakan kampanye sadar wisata digelar untuk memberikan pehamanan kepada masyarakat akan pentingnya sadar wisata. Dalam waktu dua bulan ini pihaknya menggencarkan kampanye tersebut di sejumlah tempat. “Sebelum mengembangkan destinasi wisatanya maka sumber daya manusianya juga harus dibekali, salah satunya dengan sosialisasi dan kampanye sadar wisata ini,” kata dia.

Dalam Kampanye Sadar Wisata yang diikuti sekitar 40 warga dan pelaku wisata tersebut, para peserta cukup aktif. Selain Endang Widayati dan Sri Purwanti, narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, Joko Purnomo.

Joko berharap masyarakat aktif dalam mengembangkan destinasi wisata dan menyampaikan pada pemerintah setempat terkait kebutuhan dan sarana prasarana penunjang wisata. “Kami juga bakal mengawal kebijakan pengembangan kepariwisataan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yordania Tegaskan Larang Wilayah Udaranya Jadi Medan Tempur Iran vs Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement