Advertisement

Banyak Warga Jogja Menderita Diabetes, Prevalensinya Dua Kali Lipat Rata-Rata Nasional

Newswire
Minggu, 17 November 2019 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Banyak Warga Jogja Menderita Diabetes, Prevalensinya Dua Kali Lipat Rata-Rata Nasional Ilustrasi Cek Gula Darah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kota Jogja tercatat sebagai wilayah dengan penderita diabetes melitus paling banyak se-DIY.

Prevalensi penyakit diabetes melitus di Kota Jogja yang diderita oleh warga berusia lebih dari 15 tahun masih menjadi yang tertinggi di DIY sehingga Dinas Kesehatan setempat melakukan berbagai upaya agar prevalensi tidak semakin meningkat.

Advertisement

“Salah satu pemicu penyakit ini adalah gaya hidup yang kurang sehat karena tidak menjalankan pola makan yang baik dan kurang olahraga,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota Jogja, Iva Kusdyarini, Minggu (17/11/2019).

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar pada 2018, prevalensi diabetes melitus berdasarkan hasil diagnosis dokter pada penduduk berusia lebih dari 15 tahun mencapai 4,79 persen. Angka tersebut bahkan meningkat dibanding hasil riset lima tahun sebelumnya atau pada 2013 yaitu 3,4 persen.

“Prevalensi ini didasarkan pada hasil diagnosis dokter, bukan hasil dari responden saat ada cek kesehatan. Angkanya pasti berbeda,” katanya.

Jika dibanding rata-rata nasional, maka prevalensi penderita diabetes melitus di Kota Jogja mencapai lebih dari dua kali lipat dibanding prevalensi nasional yaitu dua persen.

Secara nasional, prevalensi penderita diabetes juga hanya mengalami kenaikan 0,5 persen dibanding hasil riset lima tahun sebelumnya.

Ia menyebut, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari risiko menderita diabetes melitus adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, terlebih Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga intensif menyosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Sekali lagi, pola makan sehat dan olahraga menjadi salah satu kunci untuk mengurangi faktor risiko menderita penyakit tidak menular ini,” kata Iva.

Selain diabetes melitus, sejumlah penyakit tidak menular yang juga memiliki prevalensi cukup tinggi di Kota Jogja adalah hipertensi yang mencapai 9,94 persen.

Sebelumnya, dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Hari Diabetes Sedunia, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta menggelar berbagai kegiatan seperti senam massal, pemeriksaan kesehatan dan talkshow.

Perwakilan Perhimpunan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) DIY Bowo Pramono mengatakan, pencegahan diabetes melitus dapat dimulai dengan mengenal berbagai faktor risiko penyakit tersebut di antaranya kolesterol tinggi, berat badan, dan usia.

Sedangkan bagi penderita diabetes militus bisa melakukan langkah dengan mengatur jenis, jadwal dan jumlah asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Ia pun menyarankan penderita untuk rutin berolahraga atau menggerakkan badan, misalnya dengan rutin berjalan kaki, atau sekadar menjalankan olahraga ringan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi: Duka Cita Mendalam atas Wafatnya Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement