Advertisement

Bantul Dihajar Angin Kencang, Ini Kerusakan yang Terjadi

Kiki Luqmanul Hakim (ST16).
Minggu, 08 Desember 2019 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Bantul Dihajar Angin Kencang, Ini Kerusakan yang Terjadi Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Angin kencang menerjang sebagian wilayah di Bantul, Minggu (8/12/2019) sore. Sedikitnya dua rumah di Sewon rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Alhasil akses jalan pun terhalang sebelum akhirnya warga dan sejumlah sukarelawan harus mengevakuasi pohon yang jatuh melintang. Selain itu jaringan listrik sempat terputus hingga menyebabkan sejumlah wilayah mengalami pemadaman.

Advertisement

Menurut data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, hujan angin terjadi di wilayah Kecamatan Kasihan, Sewon, Jetis, Banguntapan, dan Imogiri. “Sekarang [Minggu petang] kami masih melakukan pendataan,” Kata Manajer Pusdalops Bantul, Aka Lukluk Firmansyah.

Luk Luk juga mengatakan hujan lebat dan angin itu membuat sejumlah pohon tumbang. Data sementara yang dicatat Pusdalops Bantul hingga Minggu petang pohon tumbang dan kerusakan terjadi sedikitnya di 43 titik.

Angin dan pohon tumbang ini menyebabkan terganggunya akses jalan raya, rumah rusak, dan putusnya jaringan listrik. “Evakuasi terus dilakukan sampai malam ini (Minggu) oleh tim gabungan termasuk relawan dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Dukuh Bibis, Timbulharjo, Sewon, Muhammad Irvan mengatakan hujan mulai mengguyur deras di wilayahnya sekitar pukul 12.00 siang. Hujan sebenarnya tidak berlangsung lama namun intensitasnya cukup deras dengan disertai petir dan angin. Dari rumahnya, dia kemudian mendengar sejumlah pohon tumbang yang mengenai rumah warga. “Hujan hampir berhenti tapi masih gerimis kita langsung evakuasi,” jelasnya.

Katanya ada empat titik kejadian yang terjadi di dusunnya. Sebuah pohon berukuran cukup besar menimpa jaringan listrik di kompleks pemakaman dusun. Besarnya batang pohon yang tumbang membuat tiang listrik doyong dan memutus jaringan listrik.

Selain itu warung milik Malik yang berada di Jalan Imogiri Barat pun roboh dan terpaksa dibongkar total. Kemudian sebuah pohon jenis Waru juga tumbang menimpa rumah milik Tukandar warga Rt 03. Evakuasi pohon yang dilakukan oleh warga menurutnya belum tuntas karena keterbatasan peralatan. “Yang penting jaringan listrik aman dan rumah tidak semakin rusak, untuk pembersihan kita lanjutkan nanti,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendiri Sriwijaya Air Hendry Lie Terlibat Korupsi Timah Rp217 Triliun, Begini Respons Manajemen

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement