Advertisement

Jelang Libur Akhir Tahun, Ini Rute Jip Wisata Merapi Sesuai SK Bupati Sleman

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 16 Desember 2019 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Jelang Libur Akhir Tahun, Ini Rute Jip Wisata Merapi Sesuai SK Bupati Sleman Beberapa jip Merapi dilakukan uji kelaikan di Balai Desa Umbulharjo oleh Dinas Perhubungan Sleman dan Polres Sleman pada Rabu (20/6/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman menyatakan pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat kendaraan sudah dilakukan terhadap jip wisata Merapi.

Kepala Seksi Angkutan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Tetty Tamiyati mengatakan pihaknya juga telah membuat jadwal pengecekan selama tiga hari dalam setiap bulan untuk jumlah armada jip yang kurang lebih mencapai 1.000 unit.

Advertisement

"Per hari, ada 60 kendaraan yang dilakukan pengecekan. Driver kami selalu iingatkan agar memperhatikan faktor keamanan. Tidak boleh ugal-ugalan atau saling mendahului di jalan, yang aman saja," ujar Tetty, Senin (16/12/2019).

Di dalam SK Bupati Sleman Nomor 39.3/2018, pada aturan itu juga telah dijabarkan rute jip mulai dari sisi barat, selatan, hingga timur.

Untuk rute sisi timur sendiri dari simpang tiga Glagaharjo hingga Dusun Kalitengah Lor. Untuk jip yang tujuannya ke lokasi makam Mbah Marijan harus melalui simpang empat Pagerjurang-jembatan Kali Opak-simpang tiga Jalan Glagaharjo-Dusun Kalitengah Lor.

Pada sisi barat, rutenya meliputi Kaliurang-Jalan Boyong-simpang tiga Boyong. Sisi selatan, jalurnya mencakup pertigaan Museum Gunung Merapi-Jalan Kaliurang-simpang tiga Sidorejo-Balai Desa Umbulharjo-Jalan Glagaharjo.

Selain tata cara berkendara, lanjut Tetty, hal lain yang ditekankan adalah kelengkapan keamanan bagi wisatawan seperti helm, dan sabuk pengaman. Masing-masing kendaraan juga hanya boleh diisi oleh lima orang termasuk pengemudi.

"Jika lebih dari itu maka sudah menyalahi aturan. Rute jip sendiri sudah diatur di dalam SK Bupati Sleman Nomer 39.3/2018," ungkapnya.

Sebelumnya, menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru), Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengimbau agar pengelola jip wisata untuk rutin mengecek keamanan kendaraannya.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan jika ada sekitar 800 yang sudah dilakukan pelatihan.

"Seluruh driver jip juga sudah diinstruksikan untuk mengunduh Jarak Antara Aku dan Merapi, yakni aplikasi yang berisi panduan bagi wisatawan untuk mengetahui apakah posisinya berada di jarak aman atau radius bahaya dari potensi ancaman erupsi Merapi," ujar Sudarningsih.

Para operator jip sudah bisa mengantisipasi sendiri lewat update informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkaitan kondisi cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement