Advertisement

Ini Ruas Jalan yang Macet Gegara Malioboro Dibuat Bebas Kendaraan

Newswire
Selasa, 18 Februari 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Ruas Jalan yang Macet Gegara Malioboro Dibuat Bebas Kendaraan Warga berekspresi dan berfoto saat Uji Coba Semi Pedestrian Jalan Malioboro di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (18/6). - Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Uji coba Malioboro bebas kendaraan menimbulkan kemacetan baru di ruas jalan yang lain.

Pelaksanaan uji coba semipedestrian di Jalan Malioboro, Kota Jogja, dengan melarang seluruh kendaraan bermotor melintas di ruas jalan tersebut menyisakan pekerjaan rumah, salah satunya beralihnya sebagian besar beban lalu lintas ke Jalan Letjen Suprapto.

Advertisement

“Dari beberapa kali uji coba penutupan Malioboro untuk kendaraan bermotor, sebagian besar volume kendaraan beralih ke Jalan Letjen Suprapto, terutama yang mengarah ke selatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho di Yogyakarta, Selasa (18/2/2020).

Akibatnya, lanjut dia, terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang di ruas Jalan Letjen Suprapto yang kebetulan juga tidak terlalu lebar sehingga tidak bisa digunakan untuk dua lajur kendaraan.

Untuk mengantisipasi penumpukan volume kendaraan yang semakin panjang, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melakukan perubahan durasi lampu lalu lintas dengan menambah durasi lampu hijau di simpang empat Ngabean terutama yang mengarah ke selatan.

Durasi lampu hijau yang semula 35 detik ditambah menjadi 45 detik. “Penambahan tersebut sudah maksimal karena jika ditambah lebih lama lagi justru akan menimbulkan antrean di kaki simpang lain,” katanya.

Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto selama Malioboro ditutup untuk kendaraan bermotor biasanya terjadi sore hari atau saat jam pulang sekolah dan jam pulang kerja.

“Oleh karenanya, untuk tahapan uji coba ke depan dimungkinkan diberlakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan tersebut yaitu menjadikannya jalan searah ke selatan dan Jalan Pembela Tanah Air (Peta) menjadi jalan searah ke timur,” katanya.

Uji coba jalan searah di Jalan Letjen Suprapto tersebut, lanjut Agus, juga menjadi bagian dari tahapan uji coba semipedestrian Malioboro secara keseluruhan dengan konsep manajemen lalu lintas berputar atau menjadikan Malioboro sebagai sebuah bundaran besar dan jalan di sekelilingnya yang semula merupakan jalan dua arah menjadi jalan searah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement