Advertisement

Belanja Sembako di Jogja Sekarang Sudah Bisa lewat Aplikasi Gojek

Lugas Subarkah
Selasa, 21 April 2020 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Belanja Sembako di Jogja Sekarang Sudah Bisa lewat Aplikasi Gojek Foto ilustrasi. - Bisnis/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebagai upaya menjaga perputaran ekonomi khususnya kebutuhan pokok di pasar, Pemerintah Kota Jogja meluncurkan sistem belanja online yang memungkinkan masyarakat berbelanja tanpa harus datang ke pasar. Mulai Selasa (21/4/2020), belanja online sudah bisa diakses di aplikasi Gojek.

Wakil Walik Kota Jogja, Heroe Poerwadi, menjelaskan belanja online merupakan peluang di tengah kesempitan situasi pandemi corona. "Sebelumnya sudah direncanakan, tapi baru bisa terlaksana dan terasa manfaatnya saat pandemi," ujarnya.

Advertisement

Ia menuturkan di Kota Jogja terdapat setidaknya 15.600 pedagang yang tersebar di 30 pasar. Dengan tetap beroperasinya transaksi pasar, maka produktivitas petani, peternak dan perajin juga akan terserap sehingga roda ekonomi tetap berjalan.

Berdasarkan hasil surveI, transaksi selama masa pandemi paling banyak adalah pertama alat kesehatan, kedua kebutuhan pangan dan ketiga pulsa. Belanja online mengambil segmen kedua, dimana sebagian besar produsen atau pedagangnya merupakan masyarakat kecil.

Saat ini sebanyak enam pasar sudah terdaftar di belanja online ini, meliputi Beringharjo, Demangan, Kotagede, Legi Patangpuluhan, Kranggan dan Sentul. Setiap pasar, ppedagang yang terlibat dalam progrm ini beragam, tergantung kemampuan akses teknologi.

Akses teknologi ini menjadi salah satu kendala dalam belanja onine karena kebanyakan pedagang sembako di pasar sudah lanjut usia. Sebab itu pihaknya juga mengedukasi para pedagang untuk mengoperasikan sistem ini.

Ke depan, ia berharap 30 pasar di Kota Jogja bisa terintegrsi dengan sisem ini sehingga tidak hanya pada masa pandemi saja, tapi dikembangkan. "Jenis barangnya juga bisa dikembangkan bukan hanya sembako, tapi juga fashion dan oleh-oleh," ungkapnya.

Head Regional Customer Engagement Gojek Jateng DIY, Ridzky Novasandro, menuturkan untuk mensosialisasikan belanja online ini, Gojek akan mengirim notifikasi kepada seluruh usernya di Kota Jogja yang berjumlah hampir satu juta.

Selain itu, ia juga menggunakan medium spanduk berisi ajakan untuk menggunakan belanja online yang dipasang di enam pasar tersebut. "Kedepan akan dikembangkan fitur yang memungkinkan komunikasi antara pembeli dan pedagang dalam satu platform yang sama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Pelayanan Publik Meningkat, Pj Gubernur Jateng Raih Anugrah Inovasi Pembangunan Terpuji

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement