Advertisement

Rapid Test di Sleman Tak Seperti di Bantul

Abdul Hamied Razak
Selasa, 05 Mei 2020 - 03:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rapid Test di Sleman Tak Seperti di Bantul Petugas kesehatan mengambil sampel darah warga saat Rapid Test COVID-19 di Taman Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (4/4/2020). - ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Berbeda dengan Bantul, Sleman melakukan rapid test masif secara terukur. Dinkes mempriotaskan penggunaan rapid diagnostic test (RDT)-kit kepada klaster-klaster yang menjadi sarana penularan virus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo mengatakan Sleman tidak melaksanakan rapid test massal seperti yang dilakukan Kabupaten Bantul. Penggunaan rapid test di Sleman, katanya, masih diutamakan ke titik-titik fokus. Misalnya bagi klaster Jemaah Tabligh.

Advertisement

Hal itu dilakukan, kata Joko, karena kebutuhan untuk merapid test klaster ini masih cukup banyak. Di sisi lain, ada keterbatasan jumlah RDT-kit yang tersedia saat ini. "Tracing dan test cepat terus kami lakukan. Tapi belum atau tidak seperti di Bantul karena keterbatasan RDT-kit yang dimiliki," kata Joko, Senin (4/5/2020).

Oleh karena itu, lanjut Joko, Dinkes tetap fokus melakukan rapid test terhadap klaster Jemaah Tablig. Hal ini dilakukan sesuai dengan surat edaran (SE) Gubernur DIY tentang pemeriksaan massal virus Covid-19.

Dijelaskan Joko, saat ini jumlah RDT-kit yang dimiliki Sleman sebanyak 3.120 paket. Dari jumlah tersebut sebanyak 2.560 paket sudah digunakan. Dari penggunaan RDT-kit menghasilkan 81 orang reaktif. "Setelah melalui uji swab, 10 orang dinyatakan positif Covid-19," katanya.

Saat ini, lanjut Joko, Dinkes masih berupaya untuk menambah jumlah RDT-kit baik melalui pengadaan secara mandiri maupun dengan mengajukan ke Satgas Covid-19 DIY.

"Saat ini masih diproses pengadaan 3.200 kit dan kami juga mengajukan ke Pemda DIY," jawabnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringatan May Day, Ini Kata-kata Ucapan Hari Buruh 2024 dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

News
| Selasa, 30 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement