Advertisement

Berhasil Dipanen, Kulonprogo Kembangkan Varietas Padi Inpari Nutrizinc

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 15 Juli 2020 - 06:17 WIB
Sunartono
Berhasil Dipanen, Kulonprogo Kembangkan Varietas Padi Inpari Nutrizinc Foto Ilustrasi sejumlah pejabat di Kulonprogo memanen padi pada 2019. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo menggelar kegiatan panen padi varietas Inpari IR Nutizinc dan varietas Inpari 44 Agritan 2020 di Area Persawahan Kalurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulonprogo Selasa (14/7/2020).

Kepala Distanpangan Kulonprogo, Aris Nugraha mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani Kulonprogo dengan cara mengembangkan padi varietas Inpari IR Nutizinc dan varietas Inpari 44 Agritan 2020.

Advertisement

BACA JUGA : Kandungan Nutri Zinc Tinggi, Padi Penangkal Stunting

Dijelaskan Aris dua kelompok tani yakni Sideman Makmur dan Kedungrejo Giripeni, Wates, telah berhasil mengembangkan dua varietas itu hingga bisa dipanen hari ini.

"Melibatkan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian DIY, para petani ini telah melaksanakan kegiatan Demfarm Teknologi Budidaya Jajar Legowo Super di Kabupaten Kulonprogo hingga bisa dipanen," kata Aris. 

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan  kegiatan ini merupakan percontohan penerapan teknologi untuk peningkatan produksi padi yang diharapkan bisa diadopsi oleh petani lain. Adapun di Kulonprogo sudah ada 12 Kapanewon yang menanam jenis padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc.

BACA JUGA : Segera Dikembangkan di Gunungkidul, Inpari IR Nutri Zinc

"Varietas Inpari IR Nutri Zinc merupakan produk baru yang mempunyai kandungan Zinc tinggi dibandingkan varietas padi lainnya, sehingga dapat berperan dalam rangka penurunan kasus stunting di Kabupaten Kulonprogo. Semoga usaha tani yang dilakukan kelompok tani selalu sukses dan lebih maju lagi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani disini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement