Advertisement

Penuhi Persyaratan, Kuda Maharsa Bertekad Sapu Bersih Semua Kecamatan di Pilkada Sleman

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 05 September 2020 - 08:47 WIB
Budi Cahyana
Penuhi Persyaratan, Kuda Maharsa Bertekad Sapu Bersih Semua Kecamatan di Pilkada Sleman Kustini Sri Purnomo (kanan) dan Danang Maharsa. - Harian Jogja/Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Berkas persyaratan pasangan calon (paslon) Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa (Kuda Maharsa) dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat oleh KPU Sleman, Jumat (4/9/2020). Kuda Maharsa adalah paslon pertama yang mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) untuk Pilkada Sleman 9 Desember mendatang.

Penerimaan berkas pendaftaran Paslon Kuda Maharsa oleh KPU Sleman ini tidak berlangsung mulus. Proses pemeriksaan berkas berlangsung sejak 14.30 hingga 20.30 WIB. KPU membutuhkan hampir lima jam untuk memastikan berkas paslon ini dinyatakan memenuhi persyaratan seusai PKPU.

Advertisement

Masalah muncul saat KPU memeriksa berkas kepengurusan DPD PAN Sleman. Ada perbedaan struktur kepengurusan DPD PAN yang sudah masuk dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU dengan yang diberikan mandat oleh DPP PAN. Perbedaan tersebut menyebabkan KPU belum dapat menerima berkas pendaftaran yang diajukan oleh DPD PAN ke KPU Sleman.

Diskusi panjang mengenai perbedaan tersebut berlangsung hingga berjam-jam. Pada akhirnya diputuskan agar DPD PAN Sleman bisa menghadirkan pengurus DPP PAN untuk menjembatani masalah tersebut. Beruntung, salah satu pengurus DPP PAN Sleman, Totok Daryanto, bisa memenuhi dan memecahkan kebuntuan masalah tersebut.

Bakal cawabup Danang Maharsa mengaku bersyukur masalah yang dihadapi sudah selesai sehingga proses pendaftaran paslon Kuda Maharsa sudah tidak ada persoalan dan diterima oleh KPU. Artinya, kata Danang, Kuda Maharsa merupakan paslon pertama yang mendaftarkan diri ke KPU Sleman. "Kami akan memenangi pilkada ini dengan target perolehan suara di atas 50 persen," katanya.

Hal senada disampaikan oleh Kustini. Menurutnya pasangan Kuda Maharsa menargetkan kemenangan di semua kecamatan. Ia tidak mau membicarakan kendala administrasi yang sempat menghambat proses pendaftaran ke KPU. "Masalah administrasi sudah selesai, sudah lengkap semua yang penting saat ini menang. Kami akan berkerja semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan," katanya.

Seusai penerimaan berkas pendaftaran, Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan seluruh dokumentasi pendaftaran calon untuk paslon dari PDI Perjuangan dan PAN setelah diteliti dan dicek sudah lengkap. "Baik dokumen persyaratan calon dan persyaratan pencalonan untuk paslon ini semuanya sudah terpenuhi sesuai PKPU 1/2020," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement