Advertisement

FPM Minta Pemuda Teladani Spirit Pertamina

Yudhi Kusdiyanto
Senin, 21 September 2020 - 22:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
FPM Minta Pemuda Teladani Spirit Pertamina Ketua Umum FPM, Asip Irama, saat membuka seminar bertajuk BUMN untuk Negeri: Mengawal Spirit Pemuda Demi Stabilitas Indonesia, Senin (21/9/2020). - Istimewa/Dokumen FPM

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menghadapi pandemi Covid-19, Front Pemuda Madura (FPM) mengajak generasi muda Indonesia untuk bangkit dengan mengembangkan semangat dan nilai-nilai positif, di antaranya dengan meneladani spirit Pertamina. Seruan ini disampaikan Ketua Umum FPM, Asip Irama, saat membuka seminar bertajuk BUMN untuk Negeri: Mengawal Spirit Pemuda Demi Stabilitas Indonesia, Senin (21/9/2020).

Menurut Asip, spirit pemuda Indonesia menjadi sangat penting untuk kembali dibangkitkan di 2020, mengingat negara didera cobaan bertubi-tubi, terutama gelombang Covid-19 yang efeknya sangat terasa di berbagai pilar kehidupan, baik kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

Advertisement

Sementara di luar, ada banyak pahlawan tak kasat mata, yang rela berkorban demi hajat hidup masyarakat banyak, di antaranya PT Pertamina, BUMN yang rela berdarah-darah demi tetap memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Pertamina merugi? Iya, seperti halnya pelaku bisnis di seluruh dunia, Pertamina pun terseok-seok didera krisis akibat pandemi. Namun tidak sehari pun Pertamina menghentikan pelayanannya kepada masyarakat," kata Asip.

Akibat pandemi Covid-19, volume penjualan BBM turun drastis hingga 26%. Di beberapa daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) penjualan produk Pertamina rata-rata turun hingga 50%.

Di saat yang sama, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) turut melemah, menyebabkan tekanan finansial karena pembelian bahan mentah produk Pertamina menggunakan dollar AS, sedangkan pendapatan dalam rupiah.

Di sisi hulu, harga minyak mentah Indonesia turun ke level terendah yang mengakibatkan cash flow Pertamina terganggu. Tercatat di semester 1 - 2020 Pertamina merugi Rp11 triliun. "Namun, apakah kontribusi Pertamina ke masyarakat berkurang? Tidak," kata Asip.

Di banyak tempat, ungkap Asip, aset Pertamina juga disulap menjadi rumah sakit siaga penanganan Covid-19. Seluruh dokter, perawat dan tim medis di lingkungan Pertamina diserahkan untuk mendukung program pemerintah demi penanganan Covid-19. "Ini semua karena Pertamina cinta Indonesia. Spirit inilah yang harus diteladani generasi muda," kata pemuda asal Sumenep, Jawa Timur ini.

Pada kegiatan melalui platfor Zoom Meeting, hadir sebagai pembicara Ketua DPD KNPI DIY, Fitroh Nurwijoyo L, dan Sekjen Himpunan Aktivis Milenial Indonesia, Muchlas J Samorano. Kegiatan diikuti sekitar 70 peserta dari berbagai kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement