Advertisement

Antisipasi Nakes Kelelahan Tangani Pasien Covid-19, Begini Sistem Kerja di RSUP Sardjito

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 27 November 2020 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Antisipasi Nakes Kelelahan Tangani Pasien Covid-19, Begini Sistem Kerja di RSUP Sardjito Foto Ilustrasi. - Antarafoto/Oky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - RSUP Dr Sardjito terus melakukan manajemen shifting tenaga kesehatan (nakes) untuk mengantisipasi tenaga kesehatan yang kelelahan selama merawat pasien Covid-19.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menuturkan shifting nakes ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Advertisement

"Dalam kondisi kebencanaan seperti ini, semua nakes terutama perawat itu ada mekanisme shift. Jadi tim A bekerja di ruang Covid-19 selama dua minggu, kemudian off dan diganti tim B, lalu off dan diganti tim lainnya, begitu seterusnya," terang Banu, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Alarm Bahaya! Kasus Positif Covid-19 Sepekan Terakhir di Atas 4.000 Orang

Mekanisme shifting ini dilakukan untuk mengantisipasi nakes supaya tidak kelelahan sekaligus menjaga kondisi tubuh mereka supaya tetap fit. Sebab, Banu menegaskan nakes yang bekerja di ruang perawatan Covid-19 beban kerjanya lebih berat.

"Susah banget lho kerja di ruangan Covid-19 itu. Harus pakai hazmat, risiko tinggi, jadi memang harus di-shift," kata dia.

Namun, ia belum bisa memastikan jumlah pasti nakes di rumah sakit rujukan tersebut yang selama ini merawat pasien Covid-19. Sebab, mekanisme shifting itu membuat sebagian besar perawat di sana mau tidak mau harus bisa menangani pasien Covid-19. Ia juga belum mengetahui apakah jumlah nakes akan ditambah atau tidak.

Baca juga: Bupati Situbondo Meninggal Dunia akibat Terinfeksi Covid-19

"Teman-teman perawat jadi nggak bisa saya hitung jumlahnya. Karena prinsipnya adalah kita harus bisa melakukan itu [merawat pasien Covid-19]," tegasnya.

Soal layanan kesehatan dan bed kritikal yang semakin menipis, Sekretaris Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi) DIY sekaligus Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto belum mau berkomentar banyak. "Itu baru akan kita jelaskan hari Minggu di acara Sonjo," jawabnya singkat saat dihubungi Harianjogja.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement