Advertisement

Asuh Bayi Wajib Pakai Masker

Catur Dwi Janati
Rabu, 02 Desember 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Asuh Bayi Wajib Pakai Masker Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Keluarga jadi salah satu sumber Covid-19 akhir-akhir ini. Protokol kesehatan seharusnya dilakukan masyarakat tidak hanya di luar rumah namun juga saat di dalam rumah.

Bayi menjadi salah satu orang yang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Oleh karenanya pengetahuan cara asuh bayi yang benar selama pandemi harus diterapkan para orang tua maupun pengasuh untuk cegah paparan pada bayi. Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani menjelaskan jika salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah kebersihan pengasuh. Orang tua atau pengasuh yang baru datang di rumah sebaiknya menurut Emma langsung mandi dan keramas. "Langsung mandi, cuci rambut dan ganti baju setelah bepergian," ujarnya pada Rabu (2/11/2020).

Advertisement

Dilanjutkan Emma protokol yang harus dilakukan para pengasuh bayi yakni rajin cuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi. Pembatasan jumlah orang yang mengasuh bayi pun dianjurkan untuk meminimalisir kontak. "Anggota keluarga lainnya menjaga jarak dari bayinya," terangnya. Mayoritas bayi hanya berada di dalam rumah, orang dewasa lah yang memiliki aktivitas di luar rumah. Sehingga memiliki risiko menularkan virus jika kontak dengan bayi.

Tak kalah pentingnya Emma menganjurkan agar bayi tetap di rumah saja. Ia menyarankan orang tua maupun pengasuh mengajak bayi keluar rumah kecuali untuk keperluan tertentu, seperti pemeriksaan kesehatan di faskes. Beberapa perabot pun harus dikhususkan untuk bayi. Alat makan, handuk, sprei untuk bayi sebaiknya tersendiri tidak menggunakan alat yang sama dengan orang tua. "Ini yang jangan sampai lupa, orang tua wajib memakai masker saat menggendong atau menyusui bayi," tegasnya.

"Terakhir, tunda ke fasilitas kesehatan kecuali kondisi gawat darurat. Imunisasi dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat dengan membuat janji temu sebelumnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement