Advertisement

62 Warga Kadirojo 2 Segera Terima Ganti Kerugian Tol Jogja-Solo

Abdul Hamied Razak
Rabu, 03 Februari 2021 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
62 Warga Kadirojo 2 Segera Terima Ganti Kerugian Tol Jogja-Solo Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Rencana pencairan ganti kerugian tol Jogja Solo dilanjutkan pada Senin (8/2/2021) pekan depan. Pembayaran ganti kerugian tetap dilakukan secara bertahap.

Hal tersebut disampaikan oleh Staff Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Galih Alfandi. Kelanjutan pembayaran uang akan diberikan bagi 62 pemilik bidang di Kadirojo 2 Kalurahan Purwomartani, Kalasan. "Total nilai pembayarannya sekitar Rp57 miliar," ujar Galih saat dihubungi Harian Jogja, Rabu (3/2/2021).

Advertisement

Sebelumnya, kata Galih, sebanyak 25 pemilik bidang warga Temanggal 2 Kalurahan Purwomartani menerima uang ganti rugi sebesar Rp26,2 miliar. Total bidang tanah yang mendapat ganti kerugian di Temanggal 2 sebanyak 212 bidang. "Kelanjutan proses pencairan untuk warga di Temanggal 2 saat ini masih dalam tahap verifikasi berkas oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN)," ujar Galih.

BACA JUGA: GeNose Resmi Digunakan di Stasiun Tugu Jogja

Dia mengatakan, data-data warga pemilik lahan terdampak tol terus diverifikasi oleh LMAN. Dia berharap warga menunggu dengan sabar tahap demi tahap pembayaran. "Biarkan LMAN menyelesaikan tugasnya. Data-data penerima masih diverifikasi. Apalagi proses pembayaran yang dilalukan LMAN tidak hanya di Jogja saja tetapi juga di lokasi lainnya," katanya.

Terpisah, Dukuh Kadirojo 2 Petrus Budi Santosa mengatakan untuk wilayah Kadirojo 2 terdapat 82 bidang terdampak. Mayoritas bidang terdampak berupa tanah sawah dan hanya beberapa bidang saja berupa bangunan. "Untuk pencairan ganti keuntungan dijadwal Senin depan. Untuk 62 pemilik bidang dari 82 pemilik bidang," katanya.

Untuk sisanya, kata Budi, masih menunggu informasi dari Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo. "Jadi besok Senin itu pembayaran untuk Kadirojo 2 untuk tahap 1 karena pencairan 25 warga sebelumnya semuanya warga Temanggal 2," katanya.

Sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo, Wijayanto mengatakan pembayaran ganti kerugian dilakukan setelah seluruh kelengkapan persyaratan penerima clear and clean oleh LMAN. "Kemarin dari kuota 294 bidang yang diajukan 50 bidang tetapi baru dibayar untuk 25 bidang," kata Totok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Mafia Tanah Sudah Berkurang, Ini Alasannya

News
| Selasa, 30 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement