Advertisement

PGSD dan TI Universitas Alma Ata Gelar Lokakarya LVEP di SDN Demakijo 1 Sleman

Media Digital
Selasa, 25 Mei 2021 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PGSD dan TI Universitas Alma Ata Gelar Lokakarya LVEP di SDN Demakijo 1 Sleman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Program Studi Teknik Informatika (TI) Fakultas Komputer (FKOM) Universitas Alma Ata Yogyakarta mengadakan lokakarya Living Values Education Program (LVEP) di Sekolah Dasar Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman pada Rabu (10/3/2021). - Ist/ALMA ATA

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Program Studi Teknik Informatika (TI) Fakultas Komputer (FKOM) Universitas Alma Ata Yogyakarta mengadakan lokakarya Living Values Education Program (LVEP) di Sekolah Dasar Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman pada Rabu (10/3/2021). Kegiatan ini masih berlangsung saat ini hingga enam bulan ke depan.

Program ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan model pembelajaran berbasis karakter. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tanpa menyisipkan nilai-nilai moral secara sistematis dapat menjadi salah satu penyebab dekadensi moral siswa. Hal ini menjadi keprihatinan dari pihak sekolah, sehingga pihak sekolah meminta pihak Universitas Alma Ata untuk mengadakan workshop LVEP dalam pembelajaran tematik.

Advertisement

An-Nisa Apriani, M.Pd selaku ketua Tim PKM Universitas Alma Ata dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahun dan keterampilan guru SD N Demakijo 1 dalam menyusun perangkat pembelajaran tematik berbasis LVEP. Workshop ini akan ditindaklanjuti dengan pendampingan, sehingga diharapkan guru berhasil menerapkan LVEP dalam pembelajaran tematik.

Tangsi Sasmito, M.Pd. selaku Kepala SD N Demakijo 1 mengucapkan terimakasih kepada dosen PGSD dan TI Universitas Alma Ata Yogyakarta yang telah melatih guru-guru dalam menyusun perangkat pembelajaran tematik berbasis LVEP. Dalam paparan materi, Deden Hardan Gutama, M.Kom. menekankan pentingnya living values dalam RPP, LKPD, dan media pembelajaran PPT. Dengan demikian, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih berkulitas dan bermakna bagi karakter anak. Selanjutnya, An-Nisa Apriani, M.Pd. selaku pemateri menambahkan bahwa LVEP dalam pembelajaran tematik akan membantu anak-anak untuk menggali dan mengembangkan 12 nilai-nilai universal secara kontekstual. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement