Advertisement

3.116 Orang DIY Batal Naik Haji, Antrean Jadi 30 Tahun

Ujang Hasanudin
Kamis, 03 Juni 2021 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
3.116 Orang DIY Batal Naik Haji, Antrean Jadi 30 Tahun Ilustrasi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com.JOGJA—Sebanyak 3.116 orang dari DIY dipastikan batal naik haji tahun ini menyusul keputusan Kementerian Agama yang membatalkan keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.

Pembatalan keberangkatan ibadah haji ini adalah yang kedua kalinya. Tahun lalu, pemerintah juga membatalkan keberangkatan haji karena pandemi Covid-19.

Advertisement

BACA JUGA: Meski Haji 2021 Batal, Menteri Agama Jamin Uang Jemaah Tetap Aman

“Yang kemarin sudah melakukan pelunasan haji 2020 itu ada 3.116 orang,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) DIY, Sigit Warsita, Kamis (3/6).

Sigit mengatakan jika tidak ada pembatalan keberangkatan haji, jemaah calon haji DIY akan diberangkatkan pada 4-15 Juni mendatang.

Penundaan keberangkatan haji ini otomatis akan memperpanjang antrean keberangkatan jemaah calon haji. “Kalau sebelumnya antrean haji 28 tahun. Sekarang sudah ditunda dua tahun sehingga waktu tunggu haji mundur menjadi 30 tahun,” ujar Sigit.

Mantan Kepala Kemenag Jogja ini memahami pembatalan pemberangkatan ibadah haji karena pandemi belum berlalu. Jika dipaksakan malah akan merepotkan semuanya, terutama dalam penerapan protokol kesehatan. “Hadir ke masjid saja dibatasi, bagaimana ke Makkah dan Madinah?” tukasnya. 

Dia juga menjamin jemaah calon haji asal DIY sudah memahami dengan keputusan pembatasan tersebut. Pihaknya juga selalu menginformasikan kepada jemaah calon haji terkait informasi soal haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement