Advertisement

Khawatir RS Kolaps, Pemkot Jogja Bersiap Dirikan Rumah Sakit Darurat Covid-19

Yosef Leon
Senin, 28 Juni 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Khawatir RS Kolaps, Pemkot Jogja Bersiap Dirikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi. - Harian Jogja/Heroe Poerwadi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengaku tengah mempersiapkan pembukaan rumah sakit (RS) darurat guna menampung pasien Covid-19. Pembukaan RS darurat itu juga bertujuan sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu kondisi RS sakit di Kota Jogja kolaps menangani pasien Covid-19.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengakui bahwa kondisi sejumlah RS rujukan pasien Covid-19 di wilayah setempat sudah penuh. Namun masih ada beberapa RS rujukan yang ketersediaan tempat tidurnya masih sanggup dalam melayani pasien Covid-19.

Advertisement

"Untuk ICU 97% dipakai, non ICU 92%, dan IGD 87% ," katanya, Senin (28/6/2021).

BACA JUGA: GeNose Disebut Jadi Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19, Ini Kata DPR

Maka itu, saat ini pihaknya tengah mengkaji kemungkinan pembukaan RS darurat dengan memanfaatkan Balai Diklat Kementerian guna menampung pasien Covid-19 dengan kategori ringan dan sedang. "Kami secara lisan sudah mendapatkan persetujuan yakni sebuah tempat Balai Diklat Kementerian. Resminya sedang berjalan untuk diperoleh," ujarnya.

Di sisi lain, Pemkot Jogja juga berupaya pula menyiapkan tambahan peralatan serta tenaga kesehatan (nakes) untuk dapat melakukan pelayanan pada RS darurat itu. Saat ini, pihaknya juga telah meminta izin kepada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Jogja agar memperbolehkan nakes yang tengah menempuh diklat agar ikut serta dalam menangani pasien Covid-19.

"Selain itu kami juga sedang koordinasikan dengan sejumlah kampus kedokteran dan perawatan untukbbisa membantu mengatasi persoalan kasus Covid-19 yg meningkat ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement