Advertisement

Kota Jogja Gencarkan Vaksinasi untuk Pelajar

Sirojul Khafid
Selasa, 20 Juli 2021 - 12:17 WIB
Sunartono
Kota Jogja Gencarkan Vaksinasi untuk Pelajar Pelaksanaan Merdeka Mobile Vaccine Goes to School yang digelar Binda DIY, Pemerintah Kota Jogja dan Pangkalan TNI AL Jogja di SMP 8 Kota Jogja, Senin (19/7/2021) pagi. - Harian Jogja - Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja gencarkan vaksinasi untuk pelajar tingkat Sekolah Menangah Pertama (SMP). Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, vaksinasi tidak hanya untuk pelajar yang merupakan warga Jogja, namun pelajar yang bersekolah di Jogja meski berasal dari luar kota. Dengan target vaksinasi untuk pelajar selesai pada Agustus 2021, Pemkot Jogja bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional Daerah (BINDA) dan TNI Angkatan Laut dalam penyelenggarakannya.

Secara berkala, Pemkot Jogja akan gelar pelayanan vaksinasi bagi pelajar di sekolah masing-masing. Dari data yang ada, sampai saat ini terdapat 24.021 pelajar yang bersekolah di sekolah negeri maupun swasta.

Advertisement

BACA JUGA : Vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo Sasar 36.000 Pelajar

"Hari ini dilakukan di SMP Negeri 8 Jogja dan akan terus berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya. Kegiatan memang dilakukan di sekolah untuk memudahkan koordinasi," kata Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti dalam pencanangan vaksinasi untuk pelajar di SMP Negeri 8 Jogja, Senin (19/7/2021).

Selain untuk pelajar SMP, Pemkot Jogja juga berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah DIY terkait vaksinasi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk SMA dan SMK memang berada dalam kewenangan provinsi.

"Tujuannya adalah mencapai kekebalan komunal. Dalam kondisi seperti sekarang, maka pilihannya tidak lain adalah melakukan percepatan vaksinasi. Sudah bukan lagi waktunya bicara takut divaksin. Vaksinasi harus sudah dalam bentuk ajakan," kata Haryadi yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jogja.

Nantinya pelajar SMP yang sudah menjalani vaksinasi di sekolah diminta untuk menyampaikan informasi mengenai orang tua atau kerabat yang belum mendapat suntikan vaksin COVID-19. Hal ini sebagai kebutuhan pendataan. Sasaran vaksinasi merupakan warga negara yang sudah memenuhi syarat dan berusia lebih dari 12 tahun.

BACA JUGA : Binda DIY Siapkan Ribuan Dosis untuk Vaksinasi Jemput Bola

Pemkot Jogja menargetkan pelayanan vaksinasi COVID-19 bisa menjangkau 14.000 warga dalam sepekan atau rata-rata 2.000 orang per hari. Target ini bukan perkara yang mudah, mengingat ada beberapa keterbatasan.

"Ada keterbatasan tenaga kesehatan. Makanya, kami berharap ada banyak relawan yang bisa diterjunkan untuk membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi," kata Haryadi.

Hingga pekan lalu, jumlah warga telah mendapat vaksin Covid-19 dosis pertama di Kota Jogja sebanyak 192.984 orang. Sementara warga yang sudah mendapat suntikan dosis pertama dan kedua vaksin sebanyak 105.830 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Aryani mengatakan dari jumlah tersebut, baru sekitar 100.000 orang yang merupakan warga Kota Jogja. Dinas Kesehatan Kota Jogja mencatat sasaran vaksinasi yang berusia 12-18 tahun di Kota Jogja mencapai 44.999 orang, sedangkan warga berusia 18 tahun ke atas 311.811 orang.

Guna memenuhi target kekebalan komunal, diharapkan sasaran vaksinasi bagi warga Kota Jogja bisa mencapai sekitar 300.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement