Advertisement

Resmi! KA Bandara YIA Hubungkan Stasiun Tugu Mulai Agustus 2021

Anitana Widya Puspa
Rabu, 28 Juli 2021 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Resmi! KA Bandara YIA Hubungkan Stasiun Tugu Mulai Agustus 2021 Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu, Jogja, Rabu (8/5/2019). - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kereta Api (KA) bandara sebagai akses menuju Yogyakarta International Airport (YIA) dijadwalkan beroperasi pada 17 Agustus 2021 atau bertepatan dengan HUT Ke-76 Indonesia.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan KA bandara tersebut akan menghubungkan YIA di Kulonprogo dengan Stasiun Tugu Jogja. Menurutnya dengan adanya KA Bandara YIA bisa semakin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada.

Advertisement

BACA JUGA: YIA Bakal Terhubung Jalan Tol, Akses Makin Mudah

Dia mencontohkan seperti shuttle bus, taksi bandara (taksi reguler dan taksi daring), bus DAMRI, kereta api dari stasiun terdekat (Stasiun Tugu), dan lainnya.

"Pada 17 Agustus 2021 mendatang, di YIA juga akan dioperasikan kereta api bandara yang akan menghubungkan YIA di Kulonrogo dengan Stasiun Tugu Yogyakarta," ujarnya, Rabu (28/7/2021).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan jalur melayang tersebut telah mencapai 83,6 persen per Maret 2021. Pembangunan jalur kereta dengan nilai investasi sebesar Rp1,1 triliun ini dibangun secara tahun jamak (multiyears).

Pembangunan dimulai sejak Desember 2019 dan ditargetkan selesai pada pertengahan tahun atau sekitar bulan Juli 2021. Kemudian pada Juli akan dilakukan serangkaian uji coba dan ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada Agustus 2021.

Dia menambahkan jumlah perjalanan kereta bandara dari Stasiun Tugu Yogyakarta - YIA sepanjang 40,23 km ini sebanyak 24 per hari dengan menggunakan empat train set kereta rel diesel listrik (KRDE) dan berkapasitas angkut mencapai 4.800 penumpang per hari hari.

Menhub mengatakan pembangunan kereta bandara merupakan bagian tidak terpisahkan dari Bandara Internasional Yogyakarta, karena bandara ini merupakan bandara internasional yang dapat didarati pesawat berbadan besar dan menjadi pusat pergerakan orang baik dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga harus memiliki konektivitas dan integrasi antar moda yang baik.

YIA diproyeksikan bisa menampung sekitar 20 juta penumpang per tahun, maka itu harus memiliki konektivitas yang baik melalui kereta bandara, yang dapat menghubungkan antara Stasiun Tugu dengan YIA Kulonprogo. Upaya ini juga untuk mendukung Borobudur sebagai kawasan destinasi wisata prioritas. Masyarakat juga bisa lebih nyaman menggunakan kereta bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement