Advertisement

Terkendala Freezer, Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes Kulonprogo Belum Bisa Digelar

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 12 Agustus 2021 - 07:27 WIB
Sunartono
Terkendala Freezer, Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Nakes Kulonprogo Belum Bisa Digelar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo urung melakukan upaya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada tenaga kesehatan (Nakes). Musababnya, tempat penyimpanan atau freezer yang dimiliki oleh gugus tugas belum mampu menyimpan vaksin Moderna yang rencananya akan digunakan dalam upaya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga kepada nakes.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan vaksin Moderna yang rencananya disuntikkan kepada nakes yang ada di kabupaten Kulonprogo mempunyai perlakuan yang khusus.

Advertisement

BACA JUGA : 83.325 Warga Kulonprogo Sidah Disuntik Vaksin Covid-19

"Vaksin Moderna itu harus disimpan di suhu minus 20 derajat Celcius. Jadi, memang harus dalam bentuk beku," kata Baning pada Rabu (11/8/2021).

Lebih lanjut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo saat ini tengah berupaya untuk melakukan modifikasi terhadap salah satu freezer sebagai tempat penyimpanan vaksin yang terdapat di gudang farmasi. Upaya modifikasi agar freezer dapat diatur dengan suhu minus 20 derajat Celcius.

"Perlakuan vaksin Moderna memang berbeda dengan Sinovac maupun AstraZeneca ya. Kalau Sinovac dan AstraZeneca itu bisa disimpan di dalam ruang penyimpanan dengan suhu dua sampai dengan delapan derajat Celcius. Kami tidak menghendaki kualitas vaksin Moderna rusak," kata Baning.

Selain upaya modifikasi freezer, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo juga tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kesehatan untuk melakukan vaksinasi dengan vaksin merek Moderna.

BACA JUGA : Gandeng Dinkes, PKS Kulonprogo Gelar Vaksinasi untuk 300 

"Setelah kita menyiapkan sarananya, SDM juga kita siapkan. Karena teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Moderna sedikit berbeda ya karena beku. Vaksin Moderna ini juga rencananya diperuntukkan untuk ibu hamil," ujar Baning.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo terus mengebut upaya vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah kelompok masyarakat. Berdasarkan catatan dari gugus tugas, angka vaksinasi Covid-19 per Selasa (10/8/2021) telah mencapai 102.169 sasaran.

Angka tersebut dari target sasaran vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo yang mencapai 376.100 sasaran. Sementara itu, Pelaksana Harian Sekda Kulonprogo Bambang Tri Budi Harsono mengatakan pemerintah kabupaten Kulonprogo terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19.

"Salah satu upaya strategi percepatan vaksinasi di Kulonprogo, yakni pelaksanaan vaksinasi selain 21 puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan, juga melibatkan 13 klinik swasta yang ada di Kulonprogo," kata Bambang Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringatan May Day, Ini Kata-kata Ucapan Hari Buruh 2024 dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

News
| Selasa, 30 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement