Advertisement

Masyarakat Sudah Bisa Naik, Tarif KA Bandara YIA Gratis Sampai 16 September 2021

Rahmi Yati
Rabu, 01 September 2021 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
Masyarakat Sudah Bisa Naik, Tarif KA Bandara YIA Gratis Sampai 16 September 2021 KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). - Ist/Dok. BKIP Kemenhub

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mulai Rabu 1 September 2021 hari ini, masyarakat dapat menggunakan Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) (KA Bandara) dengan tarif Rp0 setelah kereta itu duluncurkan secara soft launching pada 27 Agustus 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan layanan gratis tersebut diberikan selama masa sosialisasi KA Bandara dan berlaku hingga 16 September 2021.

Advertisement

BACA JUGA: Hendak Bangun Lapangan Sepak bola, Warga Jambidan Banguntapan Temukan Wajan Raksasa

“Pemberlakuan tarif Rp0 berlaku pada periode 1-16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (1/9/2021).

Joni menjelaskan, masyarakat bisa mendapatkan tiket KA Bandara di loket stasiun lintas Jogja - YIA mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Guna menciptakan physical distancing, KAI hanya menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas.

Sesuai SE Kemenhub No 58/2021 di masa PPKM, KA Bandara hanya diperuntukkan bagi pekerja di sektor esensial dan sektor kritikal karena termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan.

"Pada saat boarding, pelanggan diharuskan menujukkan STRP atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan," kata dia.

Penumpang tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen tapi akan ada pemeriksaan rapid test antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun.

“Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara Internasional Yogyakarta untuk menjaga keamanan bersama,” ujar dia.

BACA JUGA: Angka Kematian Masih Tinggi Jadi Penyebab Level PPKM Belum Turun

KA Bandara menempuh jarak 40,2 km dari Stasiun Jogja hingga Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta. Dengan menggunakan KA Bandara, waktu perjalanan dapat dipotong dari 1,5 jam menjadi hanya 39 menit.

Kehadiran KA Bandara akan mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan karena Bandara Internasional Yogyakarta saat ini sudah terintegrasi dengan jalur Kereta Api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement