Advertisement

SD di Bantul Siap Gelar PTM, Begini Persiapannya

Catur Dwi Janati
Senin, 27 September 2021 - 09:17 WIB
Sunartono
SD di Bantul Siap Gelar PTM, Begini Persiapannya Suasana PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Uji coba penerapan terbatas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tingkat SD sederajat masih dalam persiapan. Pemeriksaan kesiapan SD masih terus dilakukan untuk meminimalisasi adanya sebaran kasus Covid-19 di sekolah.

Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul, Pulung Haryadi menyampaikan bahwa progres persiapan PTM SD masih dalam tahap pemeriksaan kesiapan sekolah. Berbeda dengan SMP yang memasukan vaksinasi pelajar dalam aspek kesiapan sekolah, pada jenjang SD sederajat aspek itu tidak diperiksa mengingat anak usia di bawah 12 tahun yang belum divaksinasi. "Karena kalau SD belum bisa divaksin semua to," ujarnya pada Minggu (26/9/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Sekolah di Kulonprogo Dibuka Awal Oktober

Hingga saat ini sudah banyak SD yang mengajukan izin uji coba PTM. Beberapa di antaranya dituturkan Pulung tengah menjalani tahap pemeriksaan sekolah. "Paling di Oktober itu sudah mula," katanya.

Terkait wacana penundaan karena adanya potensi penyebaran Covid-19 yang dapat terjadi, Pulung menyebutkan pemeriksaan kesiapan sekolah menjadi kunci utama dalam antisipasi hal tersebut. "Tetap kita fasilitasi tatap muka. Kalau nanti ada klaster ya kita tutup. Tapi pencegahannya kita efektifkan dulu," terangnya.

"Makanya ada tahapan pendaftaran, tahapan lainnya adalah untuk itu [pencegahan], untuk kehati-hatian kita. Enam parameter jadi rujukan, karena itu untuk kehati-hatian supaya tidak ada klaster lagi," imbuhnya.

Pembukaan PTM SD direncanakan pada Oktober nanti tidak dilakukan secara serentak. Hanya sekolah yang memenuhi aspek pemeriksaan yang akan dizinkan menggelar uji coba PTM. "Oktober nanti sudah bisa mulai lah, tapi itu tadi, tidak semua, tidak bareng. Kalau yang memenuhi baru kita buka, kalau enggak ya enggak," ucapnya.

BACA JUGA : Kulonprogo Bersiap Gelar Pembelajaran Tatap Muka 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Isdarmoko menerangkan bila vaksinasi untuk anak usia di bawah 12 tahun memang belum ada kebijkan dari Kemenkes. "Untuk vaksin anak di bawah 12 tahun memang belum ada kebijakan dari Kemenkes. Sehingga apabila syarat PTM SD dan PAUD juga harus vaksin dulu, ya kita enggak tahu kapan bisa PTM SD dan PAUD," ujarnya.

"Karena kalau pak Menteri Kemendikbudristek sebenarnya tidak mensyaratkan vaksin pelajar sebagai syarat PTM terbatas. Kebijakan teknis diserahkan daerah masing," tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement