Advertisement

Desember, Vaksin Covid-19 Dosis Kedua 100% Kelar

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Desember, Vaksin Covid-19 Dosis Kedua 100% Kelar Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Program vaksinasi Covid-19 di Sleman terus bergulir. Hingga kini vaksinasi dosis pertama sudah melebihi 80% dan untuk dosis kedua menyentuh 52,4%. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman menargetkan pada Desember mendatang vaksin kedua bisa diselesaikan.

Kepala Dinkes Sleman Cahya Purnama mengatakan Pemkab menargetkan pemberian vaksinasi untuk dosis pertama pada akhir Oktober sebesar 80%. Target tersebut justru dapat dipenuhi pada awal Oktober ini. "Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 81 persen, jadi sudah melebihi target yang ditentukan," kata Cahya, Rabu (13/10/2021).

Advertisement

Meski capaian dosis pertama melampaui target, lanjut Cahya, Dinkes tidak kendor melakukan kegiatan vaksinasi. Dinkes melakukan strategi jemput bola, khususnya bagi kalangan lansia dan disabilitas.

"Ya percepatan dilakukan dengan cara jemput bola oleh masing-masing Puskesmas karena Pemkab harus mengejar calon penerima vaksin yang cukup sulit disasar. Misalnya yang memiliki komorbid, lanjut usia (lansia) atau disabilitas," terangnya.

Adapun kalangan yang menolak vaksinasi, kata Cahya, jumlahnya masih belum terdata. Hanya saya ia meyakini melalui berbagai sosialisasi dan pendekatan yang selama ini dilakukan, masyarakat mulai menyadari pentingnya vaksinasi. 

"Yang sebelumnya ada penolakan masyarakat atas vaksin, disebabkan alasan kepercayaan tertentu sekarang kami belum menemukan lagi. Ini berkat promosi dan edukasi yang gencar sekali dan kami dibantu banyak pihak untuk menggerakkan sasaran," ungkapnya.

Selain menyelesaikan target 100% vaksinasi dosis pertama, Dinkes saat ini juga mengejar pemberian vaksinasi dosis kedua. "Untuk dosis kedua kemungkinan akhir tahun atau Januari akan tercapai 100 persen, kemungkinan ya jika melihat antusiasme masyarakat," ujarnya.

Capaian target ini vaksinasi di Sleman, katanya selain antusiasme masyarakat juga berkat bantuan semua pihak baik TNI, Polri, BIN, Partai dan semua tenaga kesehatan serta berbagai pihak yang ikut mensyukseskan kegiatan vaksinasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suami Mutilasi Istri di Ciamis: Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement