Advertisement

Tak Patuh Aturan Ganjil Genap, Puluhan Kendaraan Wisatawan Diputar Balik di Parangtritis

Catur Dwi Janati
Minggu, 24 Oktober 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Tak Patuh Aturan Ganjil Genap, Puluhan Kendaraan Wisatawan Diputar Balik di Parangtritis TPR Induk Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Ribuan pengunjung mulai memadati kawasan wisata Pantai Selatan. Namun puluhan kendaraan masih terpaksa diputar balik karena aturan ganjil genap.

Kepala Satpol PP Bantul, Yulius Suharta pada Minggu (24/10/2021) menyampaikan setidaknya ada puluhan kendaraan yang masih diputar balik selama akhir pekan karena tidak sesuai aturan ganjil genap. Tidak sebutkan secara pasti, namun Yulius mengira-ngira ada sekitar 50 kendaraan yang diputar balik. "Tidak terlalu banyak kendaraan yang diputar balik, mungkin hanya puluhan saja," ujarnya.

Advertisement

"Karena pemberlakuan persyaratan dari genap ganjil ini sudah beberapa pekan lalu sudah kita lakukan. Dan informasi yang kita sampaikan di berbagai media sehingga mungkin juga para wisatawan yang mau berkunjung sudah tau akan ketentuan yang harus diikuti," imbuhnya.

Rata-rata kendaraan yang diputar balik menurut keterangan Yulius berupa roda dan roda empat bersifat pribadi.

BACA JUGA: Citilink Setop Rute di Bandara JB Soedirman, Senasib dengan Bandara Kertajati?

Sementara itu di dalam destinasi wisata, Yulius masih menemukan pengunjung yang belum mentaati masker. Beberapa dari mereka yang tengah jalan pasce bermain air di pantai. Namun tim Satpol PP melakukan edukasi kepada para pelanggar.

"Ketika mereka mau menikmati hidangan memang lepas masker. Namun demikian kita edukasikan kepada pengelola wisata atau pemilik warung untuk mengingatkan sekiranya ada pengunjung tidak masker dan manjaga jarak," tuturnya.

Berdasarkan data Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi disebutkan bahwa pada Sabtu (23/10) sebanyak 7800 pengunjung memasuki kawasan Pantai Parangtritis dan Depok. Sementara 800 orang mengunjungi Pantai Samas, 300 orang di Pantai Baru, Gua Cemara 65 orang dan Gua Selarong 60 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement