Advertisement

Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 26 November 2021 - 05:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Vaksinasi Covid-19 Door to Door, BIN Kulonprogo Fasilitasi Warga di Perbukitan Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 400 warga di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara Kulonprogo pada Kamis (25/11/2021).

Koordinator Vaksinasi door to door BIN Kulonprogo, Wuri Atmaja, mengatakan vaksinasi Covid-19 secara door to door yang dilaksanakan oleh jawatannya untuk memfasilitasi sejumlah warga khususnya lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Advertisement

"Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh BIN juga untuk mendorong terciptanya Herd Immunity atau kekebalan kelompok di wilayah Kulonprogo. Upaya ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Sri Sultan HB X untuk mempercepat percepatan pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayah DIY," kata Wuri saat dikonfirmasi pada Kamis (25/11/2021).

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh BIN Kulonprogo dengan menggunakan merek vaksin Sinovac tersebut sebagai upaya untuk memfasilitasi warga yang berada di wilayah pedesaan maupun perbukitan. Sehingga warga kesulitan dalam mengakses vaksinasi Covid-19.

"Akhirnya, kami jemput bola dengan melakukan vaksinasi Covid-19. Berdasarkan catatan kami, ada sejumlah lansia yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 dikarenakan tensi tinggi dan riwayat penyakit yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," ungkap Wuri.

Dikatakan Wuri, untuk menarik minat masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, sejumlah hadiah atau door prize disiapkan oleh BIN Kulonprogo. Hadiah tersebut disiapkan bagi warga yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pembagiannya dengan cara diundi.

"Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 diharapkan tetap menjaga protokol pencegahan penularan Covid-19. Serta menghindari kegiatan yang berpotensi menimbulkan paparan Covid-19. Terlebih, sebentar lagi akan ada libur Nataru. Jadi, masyarakat harus waspada," terang Wuri.

Raptowiyono Mugiyo, 70, warga kalurahan Wonobroto, kapanewon Sentolo, mengatakan vaksinasi Covid-19 yang didapatkannya berasal dari informasi dukuh setempat. Mugiyo mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Saya tidak merasakan apa-apa. Tahu-tahu sudah disuntik saja. Untuk dosis kedua, nanti akan diberitahukan oleh pak dukuh. Vaksinasi Covid-19 oleh BIN membantu kami yang rumahnya notabene jauh-jauh dan di wilayah perbukitan," ungkap Mugiyo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement