Advertisement

Libur Semester Ditunda saat Nataru, Ini Langkah Disdikpora Kulonprogo

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 03 Desember 2021 - 11:57 WIB
Sunartono
Libur Semester Ditunda saat Nataru, Ini Langkah Disdikpora Kulonprogo Pelaksanaan PTM dengan prokes ketat. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonprogo mengimbau agar SD maupun SMP di wilayah Kulonprogo tetap masuk dan melakukan aktivitas pembelajaran seperti biasanya saat libur natal dan tahun baru (Nataru). Kebijakan tersebut merupakan langkah Disdikpora setempat untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 saat libur akhir tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, Arif Prastowo, mengatakan kebijakan untuk tidak meliburkan siswa saat natal dan tahun baru didasarkan kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 62 tahun 2021 yang menghapus libur dan melarang cuti akhir tahun.

Advertisement

"Kami mengikuti ketentuan Inmendagri maupun surat dari Kemendikbud untuk menunda libur semester ganjil ini. Penerimaan rapot juga akan kami lakukan saat awal Januari," kata Arif saat dikonfirmasi pada Kamis (2/12/2021).

Dikatakan Arif, sejumlah guru maupun tenaga kependidikan di sekolah-sekolah yang ada di wilayah bumi binangun diharapkan juga mengikuti kebijakan dari pemerintah. Siswa juga diharapkan tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan luar kota demi menghindari penularan Covid-19.

"Sekolah bisa mengisi kegiatan saat tidak libur ya. Seperti kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter atau pertemuan antar kelas diselingi dengan kegiatan seni misalnya. Kami dalam waktu dekat akan menerbitkan surat edaran terkait dengan kebijakan libur natal dan tahun baru bagi tiap sekolah," jelas Arif.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Galur Lestari Asih Pratiwi mengatakan sejumlah program telah disiapkan oleh jawatannya jika libur natal dan tahun baru siswa diminta untuk tetap melakukan kegiatan di sekolah.

"Kami akan melaksanakan sejumlah program seperti clasmeeting, lomba taman, lomba kepramukaan dan pengelolaan lahan belakang sekolah. Juga lomba mading untuk mendukung kegiatan literasi dan numerasi," Keta Lestari.

Lestari sendiri sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Disdikpora DIY terkait dengan ketiadaan libur natal dan tahun baru bagi sekolah sekolah di wilayah DIY. "Kita akan patuhi SE yang akan dikeluarkan oleh Disdikpora DIY," tegas Lestari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement