Advertisement

Hari Ini, PMI DIY Kirim Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 07 Desember 2021 - 09:57 WIB
Nina Atmasari
Hari Ini, PMI DIY Kirim Bantuan untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) bersama dengan PMI Kabupaten/Kota, dan Dinas Sosial DIY mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021), pukul 09.00 WIB. Pengiriman berangkat dari Markas PMI DIY, Gamping, Sleman.

“PMI DIY bersama PMI Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial DIY akan mengirimkan sejumlah 14 personel. Mereka akan fokus untuk membantu membersihkan abu vulkanik pada rumah penduduk maupun fasilitas publik lainnya. Adapun peralatan yang akan dibawa adalah lima mobil pikap yang yang dilengkapi dengan alat spraying, mesin pompa diesel, dan bak air,” tutur GBPH. H. Prabukusumo selaku Ketua PMI DIY, Selasa. 

Advertisement

Dalam pelaksanaannya di lokasi bencana, personel tetap mengutamakan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19. Selain armada pikap, tim juga akan membawa bantuan berupa uang sejumlah 100 juta rupiah, sabun mandi sejumlah 6.480 pcs, masker sebanyak 24.000 pcs, kain pel sejumlah 1.250 lembar, sabun cuci dompet blacu sebanyak 1.500 pcs, serta 50 pcs rompi PMI.

“Dinas Sosial DIY juga akan bersama dengan PMI mengerahkan dua mobil truk. Beberapa yang akan dikirim dari Dinas Sosial adalah air mineral sejumlah 1500 botol [kemasan 1,5 liter] dan paket sembako. Sementara, uang seratus juta rupiah adalah hasil donasi konsumen apotek K24 yang telah terkumpul di PMI DIY”, jelas Gusti Prabu dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Rentetan Awan Panas Merapi Terjadi pada Senin Sore, Ini Penyebabnya

Gusti Prabu mengatakan pengiriman bantuan dan personel ini sekaligus untuk melakukan kaji cepat kebutuhan di lokasi terdampak. Rencananya, hasil pendataan ini akan dijadikan acuan PMI DIY untuk menyusun operasional selanjutnya.

Untuk melengkapi respons yang akan diberikan, PMI DIY sudah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Timur, PMI Kabupaten Lumajang, dan PMI Kabupaten/Kota se-DIY.

Dalam bekerja untuk kemanusiaan, PMI tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dan peran aktif dari masyarakat, maka PMI DIY juga membuka donasi untuk bergerak bersama masyarakat meringankan masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru melalui rekening Bank Mandiri Cab Sudirman nomor 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru”, pungkas Gusti Prabu.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, diantaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement