Advertisement

Zainudin Amali Ungkap 4 Kriteria Pendamping Airlangga di 2024

Sunartono
Minggu, 23 Januari 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Zainudin Amali Ungkap 4 Kriteria Pendamping Airlangga di 2024 Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar yang juga Menpora Zainudin Amali (kanan) di sela-sela pelaksanaan Konsolidasi Pemenangan Pilpres 2024 DPD Golkar DIY di Hotel Saphir, Kota Jogja, Minggu (23/1/2022) malam. - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Zainudin Amali mengungkap sejumlah kriteria calon pendamping Airlangga Hartarto yang akan maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Meski demikian, Golkar masih meraba-raba nama yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Zainudin menyatakan kriteria pertama orang yang bakal mendampingi Airlangga adalah sama-sama memiliki chemistry agar bisa saling mengisi.

Advertisement

“Selanjutnya [kriteria kedua] punya basis massa yang kuat untuk bisa menambah apa yang sudah kami punya [basis massa Golkar]," katanya di sela-sela Konsolidasi Pemenangan Pilpres 2024 DPD Golkar DIY di Hotel Saphir, Kota Jogja, Minggu (23/1/2022) malam.

Kriteria ketiga bagi Golkar adalah memahami tugas dan tanggung jawab sebagai calon wapres. “Jangan sampai tiba-tiba ada yang sebagai cawapres tetapi bergaya seperti capres, tentu tidak akan baik bagi perjuangan kami nantinya," ucap pria yang menjabat sebagai Menpora ini.

Meski belum dapat menyebutkan nama, lanjut dia, syarat orang yang akan mendampingi Airlangg adalah memiliki visi yang sama tentang ke-Indonesia-an.

"Kalau ada perbedaan cara memandang Indonesia tentu tidak bisa, karena Golkar adalah partai tengah, sangat menjunjung pluralisme, NKRI, pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Itu jadi syarat utama bagi kami untuk memilih calon pasangan," katanya.

Rasa percaya diri Golkar mampu memenangkan Airlangga menurutnya bukan tanpa dasar. Alasannya, karena saat ini sudah mulai bermunculan sukarelawan pendukung Airlangga yang justru berdiri dari luar partai. Mereka membentuk kelompok kecil melalui berbagai macam sektor dan kegiatan.

Zainudin mengklaim Golkar menjadi partai yang punya pengalaman paling banyak dan telah melewati berbagai macam sistem pemilu. Menurutnya adanya dinamika politik jelang pemilu sudah biasa dirasakan. "Kami tidak kaget dengan berbagai dinamika karena Golkar sudah cukup berpengalaman dalam mengarungi masalah," ucapnya.

Konsolidasi tertutup itu dihadiri oleh Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman serta anggota fraksi dari Partai Golkar seluruh DIY serta jajaran pengurus serta kader dan sayap partai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement