Advertisement

Terminal A Bandara Adisutjipto Kembali Dioperasikan

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 02 Februari 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terminal A Bandara Adisutjipto Kembali Dioperasikan Aktivitas Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Bandara Adisutjipto Yogyakarta kembali mengoperasikan Terminal A bandara untuk keberangkatan penumpang. Perpindahan tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap penumpang di Bandara.

"Mulai tanggal 1 Februari 2022, alur keberangkatan yang sebelumnya menggunakan Terminal B kami kembalikan ke Terminal A. Sehingga seluruh operasional di Bandara Adisutjipto akan terpusat di Terminal A dan Terminal B akan dinonaktifkan,” ujar General Manager Bandar Udara Adisutjipto, Pandu Purnama, Selasa (1/2/2022).

Advertisement

Perpindahan kembali keberangkatan ke Terminal A dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Dengan area yang lebih luas dan kapasitas ruang tunggu yang lebih besar, Terminal A tentunya lebih nyaman bagi para pengguna jasa di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Sejak awal 2020, Bandara Adisutjipto Yogyakarta memindahkan alur keberangkatan ke Terminal Internasional atau Terminal B. Hal tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan beban operasional bandara pada masa pandemi. Terminal A yang sudah tidak beroperasi, kemudian dimanfaatkan untuk menjadi area publik dan UMKM yang bernama TILAS atau Titik Lawas Adisutjipto.

Baca juga: Angkasa Pura Bangun Lapangan Golf dan Resto di Kawasan Bandara Adi Sutjipto Jogja

Pemanfaatan Terminal A sebagai terminal keberangkatan dilakukan sebagai langkah cost leadership karena selama masa pandemi Bandara Adisutjipto hanya melayani 12 pergerakan pesawat, 6 pesawat dengan rute dari dan menuju Halim, dan 6 pesawat dengan rute dari dan menuju Surabaya. Namun, pada akhir November 2021 bandara mulai melayani rute baru menuju Denpasar dan Bandung sehingga rata-rata pergerakan per hari mencapai 20 pergerakan.

“Oleh karena itu, dengan kembali beroperasinya Terminal A kami harap dapat mengakomodir kenaikan permintaan perjalanan udara. Beroperasinya Terminal A kami harap juga dapat meningkatkan pengunjung TILAS Adisutjipto,” ucap Pandu. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement