Advertisement

Buku tentang GKR Mangkubumi Akan Terbit, Ada Kisah soal Gadai Mobil

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 18 Februari 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Buku tentang GKR Mangkubumi Akan Terbit, Ada Kisah soal Gadai Mobil Buku tentang GKR Mangkubumi - Instagram @gkr_indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tidak semua warga Jogja pernah bertatap muka bahkan bercengkerama dengan GKR Mangkubumi, putri sulung Raja Jogja Sultan HB X. Namun untuk mengetahui secara lebih dekat tentang bagaimana sosoknya, masyarakat bisa mengenalnya dari sebuah buku.

Buku berjudul "GKR Mangkubumi: Penyambung Budaya Adiluhung dan Peradaban Indonesia Modern" akan terbit untuk mengulik perjalanan hidup GKR Mangkubumi.

Advertisement

Menurut editor buku, Widihasto Wasana Putra, buku ini mengungkap beragam kisah unik, penting dan menarik yang belum pernah terekspos sebelumnya. "Kisah ini diceritakan sendiri oleh Sang Ibu [GKR Mangkubumi] GKR Hemas, suami, anak dan adik-adik yakni GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, dan GKR Bendara," kata Widihasto kepada Harianjogja.com, Jumat (18/2/2022).

Buku ini ditulis dengan gaya storytelling sehingga terasa akrab dan hangat di hati pembaca.

Buku setebal 350 halaman ini juga memuat pandangan para tokoh nasional antara lain Menkopolhukam Mohammad Mahfud MD, Staff Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, putri Gus Dur Yenny Wahid, sineas Garin Nugroho, Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Pusat Anindya Bakrie dan masiah banyak lagi. Mereka ikut menceritakan tentang sosok GKR Mangkubumi di mata mereka.

Beragam kisah dari GKR Mangkubumi yang selama ini luput dari telinga masyarakat Jogja juga diulas dalam buku ini. Termasuk alasan Gusti Mangkubumi sebelumnya kerap mengeluh dan menganggap menjadi anak Sultan itu tidak enak.

Kisah Gusti Mangkubumi yang menggadaikan mobilnya juga diceritakan. Termasuk "jimat" yang ia pegang sehingga teman-temannya menaruh respek tinggi kepadanya.

Widihasto mengatakan, sebagai tahap awal, buku ini akan diluncurkan sebanyak 1.000 eksemplar. "Buku ini dibuat sebagai Kado Ulang Tahun GKR Mangkubumi yang ke-50 tahun yang jatuh 24 Februari 2022 mendatang, tutur Widihasto.

Informasi adanya buku baru ini juga diunggah di Instagram @gkr_indonesia. 

Warganet menyambut positif akan adanya buku ini. 

"Semoga bukunya mnjadi inspirasi dan berkat bagi masyarakat luas.," tulis warganet. 

"Puji Syukur kepada Tuhan Yang Menjadi Sumber Segala Kehidupan .. Semoga penerbitan ini dapat menjadi cermin yang indah - dapat melihat kasih-Nya dalam diri Panjenengan untuk #budayajawa," timpal yang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement