Advertisement

Bantuan Pemkab untuk Warga Terdampak Puting Beliung Gunungkidul Belum Turun

David Kurniawan
Senin, 21 Maret 2022 - 15:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bantuan Pemkab untuk Warga Terdampak Puting Beliung Gunungkidul Belum Turun Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Kalurahan Mulusan di Kapanewon Paliyan memastikan perbaikan rumah rusak akibat bencana puting beliung sudah mencapai 99%. Meski demikian, hingga Senin (21/3/2022), bantuan dari Pemkab untuk perbaikan belum juga turun.

Lurah Mulusan, Supodo mengatakan, warga terdampak masih menunggu pencairan bantuan dari Pemkab Gunungkidul. Berdasarkan informasi yang diterima, para korban akan mendapatkan bantuan stimulant, sama seperti dengan yang diberikan kepada warga terdampak puting beliung di Kapanewon Semanu.

Advertisement

“Untuk logistik pasca musibah sudah diberikan, tapi memang akan ada bantuan perbaikan yang diberikan, namun hingga sekarang belum turun,” kata Supodo saat dihubungi, Senin siang.

Hasil pendataan terdampak puting beliung yang terjadi pada Jumat (11/3/2022) ada sekitar 190 keluarga di Mulusan dan Karangasem yang menjadi korban. Direncanakan para korban mendapatkan bantuan stimulan yang besarannya mencapai Rp500.000 hingga Rp17,5 juta.

Meski demikian, lanjut dia, bantuan yang diterima setiap warga tidak sama karena besaran disesuaikan dengan tingkat kerusakan mulai dari ringan sedang hingga berat. “Paling kecil Rp500.000. Sedangkan kalau rumahnya ambruk mendapatkan Rp17,5 juta,” katanya.

Baca juga: SMA Negeri 7 Yogyakarta Sukses Gelar Wibhakta Social Week 2022

Disinggung mengenai proses perbaikan, Supodo mengakui pemulihan sudah mencapai 99%. Adapun rumah-rumah yang rusak sudah diperbaiki sehingga bisa ditinggali seperti biasa. “Tinggal menyelesaikan yang kurang seperti kandang dan lain sebagainya. Tapi, mayoritas sudah diperbaiki,” kata dia.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Eka Prayitno saat dikonfirmasi kemarin membenarkan, apabila warga terdampak angin kencang di Kapanewon Paliyan belum mendapatkan bantuan untuk perbaikan. Rencananya, warga terdampak akan diberikan, sama seperti yang disalurkan di Kapanewon Semanu. “Rencananya ada bantuan stimulan ke warga terdampak, tapi kebijakan akan ditetapkan pimpinan,” katanya.

Eka mengungkapkan, untuk sekarang masih dalam proses pengajuan melalui anggaran Belanja Tak Terduga. Ia memperkirakan proses selesai di minggu ini sehingga bantuan bisa segera disalurkan. “Mudah-mudahan minggu depan sudah diterima warga. Yang jelas, pemkab sudah menyiapkan skema bantuan stimuan untuk mendukung perbaikan rumah-rumah yang rusak akibat bencana,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement