Advertisement

Gojek Bantu Naikan Omzet Pedagang SiBakul Selama Pandemi

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 26 Maret 2022 - 06:17 WIB
Budi Cahyana
Gojek Bantu Naikan Omzet Pedagang SiBakul Selama Pandemi VP Strategic Region Gojek Central West Java, Anandita Danaatmadja (dua kiri), Kepala Bidang Layanan Bidang Kewirausahaan, Dinas Koperasi UKM DIY, Wisnu Hermawan (dua kanan), saat launching kerja sama Teras Malioboro 1 dan Program SiBakul 2022, di Teras Malioboro 1, Jumat (25/3/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gojek membantu menaikkan omzen pedagang SiBakul hingga 40% selama pandemi. 

Selain berkolaborasi dalam pembangunan dan penataan Teras Malioboro, Gojek juga melanjutkan program AksiCobaKuliner (SiBakul) dengan Dinkop dan UKM DIY. Program SiBakul ini adalah wujud dari program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu di era ekonomi baru ini, karena memberikan kemudahan bagi pelaku usaha memasarkan produknya sekaligus menjadi panggung strategis dalam mempromosikan kuliner khas Jogja sebagai salah satu yang berpotensi dalam menopang kebangkitan perekonomian daerah.

Advertisement

Pada periode Juli 2020 sampai dengan November 2021 terjadi kenaikan omzet kurang lebih sebesar 40% dengan nilai total transaksi 212.257 dan total omzet Rp11,4 miliar. Program SiBakul ini diikuti oleh 224 peserta yang terdiri dari UMKM kuliner dan oleh-oleh khas Jogja. Salah satu kontribusi dari Gojek dengan memberikan free ongkir yang terbukti telah mampu menaikkan transaksi sebesar 21% dan menstimulasi konsumen memanfaatkan promo ini.

VP Strategic Region Gojek Central West Java Anandita Danaatmadja mengungkapkan Gojek turut berbangga dengan dipercaya oleh Pemda DIY sebagai perusahaan yang terlibat dalam pengembangan Teras Malioboro dan implementasi pemasaran digital SiBakul. Hal ini membuktikan kepercayaan Pemda DIY terhadap inovasi teknologi dan social impact yang Gojek lakukan. Kolaborasi ini turut menjadi kesempatan bagi Gojek dan Pemda DIY untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui kebangkitan sektor pariwisata dan UMKM.

“Untuk itu, partisipasi Gojek dalam mendukung inisiatif ini adalah bagian dari upaya holistik ekosistem kami untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi daerah dengan membangkitkan sektor pariwisata dan UMKM. Kami selalu siap bermitra dengan berbagai pihak, terutama pemerintah, dalam mendorong inisiatif strategis yang dapat mendukung pemulihan ekonomi. Manifestasi dari komitmen kami tersebut adalah kemitraan kami dengan PemdaDIY dan Dinas Koperasi dan UKM,” ucap Anandita.

Merchant Juara SiBakul 2021, Pemilik Lesehan Pak Din di Condong Catur, Wadin merasakan dampak langsung dengan mengikuti program SiBakul yang merupakan kolaborasi antara Gojek dan Dinas Koperasi dan UKM DIY.

“Pelanggan saya naik pesat akibat konsumen dapat free ongkir dari Gojek. Padahal saya mulai bergabung di program SiBakul pada tahun 2021. Peningkatannya cukup pesat sampai saya menjadi Merchant Juara pada tahun itu,” ucap Wadin.

Salah satu pedagang di Teras Malioboro 1, Slamet juga memberi dukungan kerja sama dengan Gojek ini.

“Kami menyambut baik, semoga dengan ini dapat meningkatkan penjualan,” ucap Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement