Advertisement

Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android

Media Digital
Minggu, 17 April 2022 - 16:44 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android Pemberian hibah alat infra merah berbasis android diterima langsung oleh kepala Puskesmas Kraton Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

JOGJA-Kemampuan dan keterampilan perawat/dokter dalam berinteraksi dan menyampaikan informasi kepada pasien dan keluarganya adalah hal yang sangat dibutuhkan.

Pendekatan komunikasi terapeutik dibutuhkan dalam proses pelayanan kesehatan, karena komunikasi merupakan kegiatan mutlak dan menentukan bagi hubungan atau interaksi antara tenaga kesehatan dan pasien dalam menunjang kesembuhan. 

Advertisement

Mengingat pentingnya hal tersebut, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan salah satu pilar dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat skema PKM Kolaboratif dalam Negeri. 

Pengabdian ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi UMY, beranggotakan Iswanto dosen Teknik Elektro dan berkolaborasi bersama Ipin Prasojo, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Pada hari Sabtu, 16 April 2022 bertempat di Puskesmas Kraton Yogyakarta, telah dilaksanakan Sosialisasi Komunikasi Terapeutik dan penggunaan alat Inframerah untuk meningkatkan pelayanan di Puskesmas Kraton Yogyakarta. Sosialisasi terkait Komunikasi terapeutik disampaikan secara langsung oleh Adhianty Nurjanah yang membahas mengenai pentingnya komunikasi dalam pelayanan kesehatan, komunikasi terapeutik, karakteristik komunikasi terapeutik, dan prinsip dari komunikasi terapeutik.

“Seiring perkembangan jaman, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas akan semakin meningkat. Pelayanan kesehatan/penyembuhan perlu disertai dengan kenyamanan, baik oleh tenaga kesehatan, lingkungan, maupun alat yang semakin mendukung untuk memudahkan proses penyembuhan”. Jelas Adhianty Nurjanah saat memberikan materi sosialisasi komunikasi terapeutik.

Pada pengabdian ini diberikan pula hibah sebuah Alat Inframerah. Guna untuk mengedukasi tenaga kesehatan penggunaan alat tersebut, Iswanto selaku dosen Teknik Elektro UMY bersama Ipin Prasojo kolaboratif dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menerangkan system penggunaan alat terapi inframerah berbasisi android untuk proses terapis pasien yang lebih efisien

dr.Deo Hadi Nanda selaku Kepala Puskesmas Kraton mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen UMY untuk membantu tenaga kesehatan menyadari pentingnya melakukan komunikasi terapeutik sebagai salah satu pendekatan interpersonal kepada pasien. 

“Saya selaku Kepala Puskesmas Kraton sangat berterimakasih atas sosialisasi komunikasi terapeutik yang menginspirasi dan mengingatkan kami akan pentingnya komunikasi yang akan menjaga hubungan kepercayaan antara pasien dan tenaga kesehatan di Puskesmas kami. Terlebih kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan hibah alat inovatif dari Dosen UMY yakni Alat Inframerah berbasis Android. Semoga kami bisa semakin meningkatkan pelayanan dan dapat bekerjasama selalu bersama UMY,” tutur dr. Deo Hadi Nanda Kepala Puskesmas Kraton.

Melalui Pengabdian Masyarakat Skema PKM Kolaboratif dalam Negeri ini akan memberikan kebermanfaatan lebih untuk bersama-sama memecahkan permasalahan di masyarakat secara luas. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement