Advertisement

Layanan Kesehatan Ibu-Anak di Bantul Siaga 24 Jam saat Libur Lebaran

Ujang Hasanudin
Rabu, 27 April 2022 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Layanan Kesehatan Ibu-Anak di Bantul Siaga 24 Jam saat Libur Lebaran Ilustrasi. - REUTERS/Susana Vera

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Kesehatan ibu dan anak menjadi salah satu indikator kesiapsiagaan Pemkab Bantul selama libur Lebaran tahun ini. Salah satu upaya untuk mengantisipasi permasalahan kesehatan ibu dan anak selama Lebaran, Pemkab Bantul membuka Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) dan Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar (PONED) selama 24 jam di beberapa rumah sakit dan puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Agus Budi Raharjo mengatakan untuk layanan PONEK ada di tiga rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Usara (RSPAU) dr. Hardjolukito.

Advertisement

BACA JUGA: Berniat Vaksin Covid-19 di Bantul saat Libur Lebaran, Ini Faskes dan Jadwal Bukanya

Sementara layanan PONED ada di delapan puskemas, yakni Puskesmas Dlingo 1, Puskesmas Sewon 1, Puskesmas Sedayu 1, Puskesmas Sanden, Puskesmas Banguntapan 2, Puskesmas Imogiri 1, Puskesmas Piyungan dan Puskesmas Srandakan.

Lebih lanjut Agus yang juga sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Panembahan Senopati mengatakan untuk masyarakat yang kontrol rutin atau yang minum obat rutin yang obatnya habis pada 2-5 Mei akan diberikan obat lebih pada kontrol sebelum tanggal tersebut.

Demikian bagi masyarakat yang menjalani cuci darah dapat dimajukan. “Misalnya jadwal cuci darahnya jatuh pada Senin bisa dimajukan pada Minggu. Kalau dimundurkan tidak bisa,” ujar Agus.

Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih menambahkan bahwa selama libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah ini tetap ada pelayanan darurat kesehatan yang tetap dibuka.

Pelayanan darurat rumah sakit seperti IGD dan PONEK tetap dibuka selama 24 jam, “Namun untuk pelayanan poliklinik dan rehabilitasi medik tutup, sementara pelayanan instalasi dan unit pelayanan lain tetap berjalan sebagaimana mestinya,” kata Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement