Advertisement

Warga Terobati Kerinduannya setelah Bisa Salat Idulfitri di Alun-Alun Wates

Lajeng Padmaratri
Senin, 02 Mei 2022 - 09:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Warga Terobati Kerinduannya setelah Bisa Salat Idulfitri di Alun-Alun Wates Pelaksanaan Salat Idulfitri berjemaah di Alun-Alun Wates, Senin (2/5/2022). Lajeng Padmaratri - Harianjogja.com

Advertisement

 Harianjogja.com, KULONPROGO - Warga Wates, Kulonprogo bisa kembali melaksanakan Salat Idulfitri berjemaah di Alun-Alun Wates pada perayaan Idulfitri 1443 H, Senin (2/5/2022).

Pelaksanaan Salat Id ini menjadi yang pertama kalinya setelah dua kali Hari Raya Idulfitri yaitu pada 2020 dan 2021 tidak dilaksanakan Salat Idulfitri berjamaah di Alun-Alun Wates.

Advertisement

Masa pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 membuat sejumlah kegiatan peribadatan dibatasi. Pelaksanaan Salat Idulfitri kemudian dianjurkan untuk dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Alhamdulillah kegiatan Salat Idulfitri di Alun-Alun Wates bisa lancar, bersyukur banget bisa kembali melaksanakan Salat Idulfitri di sini setelah sebelumnya tidak bisa melaksanakan di Alun-Alun," kata Viki Ari Rosyadi Ketua Umum PHBI PCM Wates Kota saat ditemui seusai pelaksanaan Salat Idulfitri.

Pada Senin pagi, Salat Idulfitri dimulai sekitar pukul 06.40 WIB. Imam salat yaitu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo Jumarin.

Viki menuturkan pelaksanaan Salat Idulfitri kali ini tetap melaksanakan protokol kesehatan. Sebelum memasuki kawasan Alun-Alun Wates, jemaah diperiksa suhu tubuhnya dan menggunakan hand sanitizer.

"Dulu sebelum pandemi jemaahnya ramai juga, tapi tetap lebih mengesankan pelaksanaan salat kali ini karena warga Kulonprogo sudah kangen untuk salat Idulfitri, Alhamdulillah bisa terlaksana lagi," ujarnya.

Jemaah di Alun-Alun Wates disebutnya melampaui ekspektasi. Sebab, barisan salat jemaah banyak yang melebihi saf yang telah disiapkan. Pandemi juga membuat PHBI PCM Wates Kota tidak dapat melaksanakan lomba takbir keliling seperti tahun-tahun sebelumnya. Viki berharap jelang Hari Raya Iduladha mendatang, panitia bisa kembali diperbolehkan melaksanakan lomba takbir keliling.

Salah satu warga, Yuli, 40, turut menyampaikan rasa syukurnya bisa kembali melangsungkan Salat Idulfitri di Alun-Alun Wates. "Biasanya di sini, tapi selama dua tahun kemarin enggak boleh karena Covid-19," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement