Advertisement

Pengunjung Pantai Gunungkidul Membeludak, Begini Rekayasa Lalin yang Disiapkan

David Kurniawan
Rabu, 04 Mei 2022 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Pengunjung Pantai Gunungkidul Membeludak, Begini Rekayasa Lalin yang Disiapkan Aktivitas kendaraan bermotor JJLS di ruas Girisekar-Planjan di Dusun Sawah, Girisekar, Panggang - Harian Jogja/David kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Wisatawan yang mengarah ke kawasan pantai Gunungkidul terus membeludak. Bahkan di perempatan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo antrean kendaraan mengular hingga dua kilometer.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti mengaku sudah menerapkan skema khusus untuk arus kendaraan menuju kawasan wisata Pantai. Selain mengawasi dan terus memantau perkembangan di sejumlah perempatan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah skenario rekayasa arus lalu lintas.  

Advertisement

BACA JUGA: Anak Rewel, Bapak Tak Fokus Mengemudi, Mobil Nyungsep ke Tegalan

Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan besar atau bus, kata dia, akan diarahkan masuk melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Setelah sampai di Simpang Tiga Gading diarahkan ke Playen menuju Paliyan dan masuk ke JJLS hingga ke Pantai.

Adapun wisatawan yang masuk melalui sisi utara seperti Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri, rekayasa dilakukan mulai dari simpang tiga Mulo di Kapanewon Wonosari. Untuk kendaraan besar atau bus diarahkan masuk pantai melalui Pos Utama di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron.

“Di simpang tiga Mulo, khusus bus besar dilarang belok kiri [menuju Tepus] melainkan wajib lurus ke selatan,” kata Martinus.

BACA JUGA: Kapal Nelayan Hilang Kontak di Perairan Gunungkidul

Menurut dia, untuk kendaraan kecil sangat situasional dan penerapan rekayasa baru dilaksanakan apabila terjadi kepadatan yang menyebabkan macet.

“Kalau memang sangat padat, maka bisa diterapkan jalur satu arah. Semua kendaraan yang akan masuk pantai, maka akan dilewatkan di Pos TPR Baron,” katanya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement