Advertisement

Peringati Hari Jadi, Bupati Gunungkidul Kunjungi Pemimpin Terdahulu

David Kurniawan
Selasa, 24 Mei 2022 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peringati Hari Jadi, Bupati Gunungkidul Kunjungi Pemimpin Terdahulu Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama dengan Ketua DPRD Gunungkidul melakukan ziarah ke makam mantan Bupati Sumpeno Putro di Kalurahan Umbulrejo, Ponjong. Selasa (24/5/2022) - Foto istimewa Humas Pemkab Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULBupati Gunungkidul Sunaryanta bersama dengan jajaran pegawai di lingkup pemkab melakukan ziarah ke makam-makam mantan bupati yang pernah menjabat di Gunungkidul. Kegiatan ini sebagai rangkaian acara memperingati Hari Jadi Gunungkidul ke-191 yang jatuh pada 27 Mei mendatang.

Sekretaris Panitia Hari Jadi Gunungkidul, Arkham Masudi mengatakan, ziarah kubur ke mantan bupati merupakan tradisi yang terus dilakukan dalam rangkaian memperingati hari jadi kabupaten. Menurut dia, untuk pelaksanaan dibagi menjadi empat tim.

Advertisement

Tim pertama langsung dipimpin bupati bersama-sama dengan Kepala OPD mengunjungi makam almarhum Mas Tumengung Pontjodirjo dan Sumpeno Putri. Adapun tim kedua berziarah ke makam almarhum Panji Harjodipuro di Kapanewon Semanu.

Tim ketiga dipimpin oleh Wakil Bupati Heri Susanto mengunjungi makam almarhum Yoetikno di Kapanewon Nglipar. Sedangkan tim ziarah keempat kebagian mengunjungi makam Ki Demang Wonopawiro di Kalurahan Piyaman, Wonosari.

Baca juga: Sultan Optimistis Tol Jogja & Wisata Bisa Kerek Pertumbuhan Ekonomi

“Untuk ziarah ke makam bupati pertama di Ponjong, bupati tidak sendiri karena juga dihadiri jajaran forkompida di Gunungkidul,” kata Akrham kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Dia menjelaskan, rangkaian hari jadi tidak hanya dilakukan dengan zarah makam, tapi juga ada kegiatan anjangsana ke mantan bupati dan wakil bupati. Menurut Arkham, kegiatan anjangsana dilakukan pada Senin (23/5/2022) ke sejumlah lokasi kediaman para kepala daerah terdahulu.

“Ada dua tim yang berkunjung. Pertama tim yang dipimpin Bupati Sunaryanta dengan berkunjung ke kediaman Bu Badingah dan Pak Suharto. Sedangkan tim kedua berkunjung ke kediaman KPH Mangun Kusumo dan mantan Wabup Immawan Wahyudi di Kota Jogja,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, anjangsana dan ziarah kubur ke mantan kepala daerah di Gunungkidul sudah menjadi tradisi dan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Menurut dia, kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur serta mantan bupati yang sudah jasanya dalam proses pembangunan di Bumi Handayani.

“Untuk anjangsana juga dalam rangka silahturahmi untuk menyambung persaudaraan, sekaligus ingin mendapatkan arahan dari para senior,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement