Advertisement

DIY Sempat Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Begini Respons Sultan HB X

Sunartono
Selasa, 31 Mei 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
DIY Sempat Terjadi Kenaikan Kasus Covid-19, Begini Respons Sultan HB X Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Pernyataan itu disampaikan seiring masih ditemukannya masyarakat positif Covid-19 dalam surveilans menyasar lingkungan sekolah sehingga menimbulkan adanya peningkatan kasu selama dua hari.

HB X meminta jika ditemukan kasus positif di suatu sekolah, bisa dilakukan penutupan sementara di kelas tersebut. "Kalau ada yang OTG diclose [tutup] to, kalau OTG tiga sampai lima hari selesai, enggak apa-apa," katanya kepada wartawan di Kepatihan, Senin (31/5/2022).

Advertisement

Sultan menyatakan adanya peningkatan kasus berasal dari sekolah di Bantul itu tidak harus dilakukan dengan menutup semua sekolah. Menurutnya ketentuan dan langkah ketika ditemukan warga sekolah positif Covid-19 sudah ada dan dilaksanakan.

"Iya [tidak harus menutup semua sekolah], ketentuan itu kan masih ada, kalau memang ada yang kena [positif] ditutup [sementara]," katanya.

BACA JUGA: Sultan Jogja Beri Doa Terbaik untuk Keluarga Ridwan Kamil

Selain itu, Sultan memastikan swab lewat surveilans akan terus dilakukan. Karena melalui swab itu hasilnya bisa menjadi deteksi dini.

"Swab pasti terus dilakukan, itu kan, karena yang ditemukan banyak itu kan hasil swab, kalau tanpa swab kan enggak ketahuan," katanya.

Terpenting, kata Sultan, seluruh masyarakat harus tetap menaati protokol kesehatan. "Tetap prokes, kita kan masih level 2 harus sesuai ketentuan, level 1 saja harus tetap pakai masker," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement