Advertisement

Amankan Pangan, Pemkot Cadangkan 15 Ton Beras

Yosef Leon
Rabu, 01 Juni 2022 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Amankan Pangan, Pemkot Cadangkan 15 Ton Beras Pedagang beras di Pasar Prawirotaman melayani pembeli, Senin (29/3/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mencadangkan sebanyak 15 ton beras dengan total anggaran sebesar Rp169 juta untuk mengantisipasi kerawanan pangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Suyana mengatakan langkah ini juga sebagai upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat. Pasalnya dengan wilayah yang kecil dan kegiatan utama bukan di sektor pertanian tentu membutuhkan stok pangan yang memadai.

Advertisement

"Sinkronisasi pengendalian cadangan pangan ini selanjutnya diharapkan akan mendukung tercapainya ketahanan pangan di Kota Jogja," katanya, Rabu (1/6/2022).

BACA JUGA: Saling Tantang Setelah Kecelakaan, Pelajar Jogja Kena Bacok 

Selain itu, Jogja yang menyandang predikat sebagai kota pariwisata kerap dikunjungi oleh banyak orang. Kebutuhan pangan dalam hal ini beras akan mendukung geliat perekonomian dan UMKM yang saat ini mulai bangkit.

"Salah satu cara untuk menjaga ketersediaan agar dapat terus memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yaitu dengan pengadaan cadangan pangan pemerintah daerah," jelasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jogja, Kadri Renggono menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pangan di Kota Jogja.

Dia juga mengimbau masyarakat agar dalam memperjualbelikan kebutuhan pokok tetap mengikuti aturan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Walaupun ada kenaikan harga pada beberapa barang kebutuhan pokok di masyarakat, hendaknya untuk tidak menimbun stok barang, mengikuti HET [Harga Eceran Tertinggi] sesuai harga yang ditetapkan, serta ikut menjaga agar kenaikan harga barang tidak melesat tinggi," ucap Kadri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement