Advertisement

Jogja Berangkatkan 156 Calon Haji Tanggal 16 Juni

Sirojul Khafid
Jum'at, 10 Juni 2022 - 17:17 WIB
Sirojul Khafid
Jogja Berangkatkan 156 Calon Haji Tanggal 16 Juni Ilustrasi haji. - Pixabay/GLady

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Agama Kota Jogja memberangkatkan 156 calon haji tahun 2022 ini, tepatnya pada 16 Juni. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jogja, H. Nur Abadi, mengatakan pemberangkatan ini akan digabung dengan jamaah haji dari Kulonprogo sebanyak 110 orang dan Bantul 89 orang. Penggabungan ini bertujuan memenuhi kuota satu kloter.

Meski pemberangkatan dari Jogja 16 Juni, rombongan akan terlebih dahulu berkumpul di Solo. Calon haji diterbangkan ke Madinah pada 17 Juni.

Advertisement

BACA JUGA: Belum Bayar Tunggakan, Siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan Tidak Bisa Ikut Ujian & Trauma

"Calon haji di Kota Jogja termuda usia 20 tahun, perempuan. Yang tertua umur 64 tahun," kata Nur Abadi, Jumat (10/6/2022).

Sebelum berangkat, semua jamaah sudah vaksin booster dan meningitis. Untuk H-1 sebelum pemberangkatan, akan ada tes PCR sebagai syarat penerbangan. Apabila nantinya ada yang positif, calon haji akan menunggu sampai sembuh dan ikut dalam kloter Kota Solo.

"Imbauan kami, yang penting jamaah jaga kesehatan dan tidak terlalu capek, karena perlu PCR. Jaga kesehatan dan ikuti arahannya ketika diminta hadir tepat waktu untuk berangkat," katanya.

Pembarangkatan haji kali ini merupakan yang pertama sejak pandemi Covid-19. Dalam aturannya, maksimal usia calon haji yang berangkat tahun ini yaitu 65 tahun per 30 Juni 2022. Di Kota Jogja, ada 163 calon haji yang tidak bisa berangkat tahun ini lantaran berusia di atas 65 tahun. Mereka akan berangkat apabila aturan dari Pemerintah Arab Saudi sudah memungkinkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement