Advertisement

Prokes Kendur di Mal Kena Sorotan Sekda DIY

Sunartono
Senin, 27 Juni 2022 - 20:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Prokes Kendur di Mal Kena Sorotan Sekda DIY Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY meminta kepada seluruh pengelola tempat publik baik pusat perbelanjaan, warung makan hingga destinasi wisata tetapi memperketat protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus dan varian baru Covid-19,” ungkap Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Senin (27/6/2022).

Advertisement

Dia menjelaskan saat ini banyak ruang publik yang sudah mulai kendur penerapan prokesnya. Sejumlah pusat perbelanjaan sudah ada yang tidak lagi menerapkan Peduli Lindungi meski fasilitas barcode masih tersedia.

Termasuk warung makan yang sebenarnya rawan penularan saat ini tidak memenuhi prokes lagi. Ia berharap prokes di tempat umum terus ditegakkan dan saling menyadari serta mengingatkan. “Ada satu dua mal, termasuk destinasi wisata sudah sangat kendur juga karena merasa di luar ruang. Termasuk tempat makan juga, padahal ini tempat yang paling rawan,” ucapnya.

Aji meminta kepada semua pihak agar tetap menerapkan protokol kesehatan terutama menggunakan masker demi mencegah penularan. Pengambilan sampel secara acak tetap dilakukan di tempat publik dan destinasi wisata. Bahkan di Teras Malioboro dilakukan pengambilan sampel untuk dites Covid-19 selama beberapa hari sekali.

“Pemindaian dilakukan di tempat publik, seperti di Teras Malioboro tetapi untuk pelaku perjalanan memang tidak diskrining. Masyarakat harus peduli untuk tetap menjaga prokes,” tutur Aji.

Saat ini, kasus Covid-19 DIY pada Senin (27/6/2022) dilaporkan bertambah sebanyak sembilan kasus dengan rincian Sleman tujuh kasus, Gunungkidul dan Kota Jogja masing-masing satu kasus sedangkan untuk positivity rate di angka 0,75%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement