Advertisement

Laka Pantai Gunungkidul di Musim Libur, SAR: 10 Kejadian, 2 Korban Meninggal

David Kurniawan
Rabu, 06 Juli 2022 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Laka Pantai Gunungkidul di Musim Libur, SAR: 10 Kejadian, 2 Korban Meninggal Petugas SAR Satlinmas saat mencari keberadaan Sapuan, Koki asal Solo yang hilang di Pantai Siung. Foto diambil Kamis (31/3/2022) - Istimewa SAR Satlinmas Wilayah I DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY mengimbau kepada wisatawan untuk lebih berhati-hati pada saat bermain di pantai. Pasalnya, selama liburan sekolah lebih dari sepuluh kasus laka laut terjadi di kawasan pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 2 DIY, Marjono mengatakan, musim liburan sekolah berdampak terhadap meningkatkan kujungan wisata ke pantai. Hal ini pun berdampak terhadap peristiwa laka laut yang terjadi selama liburan.

Advertisement

“Untuk data pastinya ada di posko. Tapi, kalau di total sudah ada lebih dari 10 kejadian,” katanya, Rabu (6/7/2022).

Menurut dia, dari sejumlah peristiwa laka ini ada dua korban meninggal dunia karena terseret ombak di Pantai Drini. Keduanya merupakan kakak beradik dan jasadnya berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat gabungan.

BACA JUGA: Babarsari Rawan Pecah Kerusuhan, Polisi Gencar Patroli

“Untuk yang lain bisa diselemaatkan. Jenis kecelakaan ada beberapa seperti terseret arus, jatuh hingga tertusuk bulu babi,” katanya.

Marjono mengungkapkan, liburan sekolah belum berakhir. Oleh karenanya, ia meminta kepada pengunjung untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban laka laut. “Sudah kami peringatkan, tapi masih banyak yang ngeyel. Harapan kami, pengunjung bisa menyadari karena saat terjadi kecelakaan tidak hanya merepotkan diri sendiri, tapi juga orang lain,” katanya.

Menurut dia, seluruh personel SAR wilayah 2 diterjunkan untuk pengawasan. Pengawasan tidak hanya melalui posko, tapi ada juga personel yang diterjunkan agar berbaur dengan wisatawan. “Kami terus mengimbau ke pengunjung untuk berhati-hati sehingga kejadian laka laut bisa ditekan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Oknum Pegawai Lion Air Jadi Sindikat Narkoba, Begini Modus Operasinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement