Advertisement

Tahun Depan Dana Dispar Cekak, DPRD Bantul: Tak Ada Program Istimewa untuk Pariwisata Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:37 WIB
Arief Junianto
Tahun Depan Dana Dispar Cekak, DPRD Bantul: Tak Ada Program Istimewa untuk Pariwisata Bantul Pantai Samas, Bantul. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Anggaran belanja Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul untuk tahun depan direncanakan Rp19,9 miliar. Besaran anggaran tersebut menurut Komisi B DPRD Bantul yang membidangi pariwisata masih terlalu kecil, mengingat pariwisata adalah salah satu sektor unggulan pembangunan selain pertanian dan industri seperti yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2023 mendatang.

Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan anggaran belanja Rp19,9 miliar itu meningkat dibanding anggaran belanja tahun ini yang sebesar Rp17,5 miliar.

Advertisement

Anggaran tersebut sebagian besar untuk pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendukung wisata Rp8 miliar, gaji pegawai Rp6 miliar. Selebihnya untuk peningkatan kapasitas pengelola destinasi wisata serta promosi wisata.

BACA JUGA: Bernostalgia dengan Kipo hingga Sate Kere di Pasar Lawas Mataram

Sekretaris Komisi B DPRD Bantul, Arif Haryanto mengakui belum ada yang istimewa untuk kegiatan maupun penganggaran 2023 di Dinas Pariwisata.

Untuk itu, dia menyayangkan. Pasalnya, pariwisata merupakan salah satu sektor dari tiga sektor unggulan pembangunan di Bantul 2023 mendatang.

Pembahasan anggaran yang dilakukan saat ini hanya kegiatan rutinitas tahunan yang tidak ada gebrakan sama sekali. Seharusnya, kata dia, jika ingin menjadikan pariwisata jadi sektor unggulan pembangunan sudah harus ada pembahasan anggaran di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang menjadi perioritas.

Dalam rapat, pihaknya sempat menanyakan kepada Kepala Dinas Pariwisata Bantul. "Jawabannya, tidak ada penambahan plafon anggaran lain. Tidak ada yang istimewa untuk kegiatan pariwisata 2023. Kecuali menjalankan program rutinitas,” ucap Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement