Advertisement

Bank Dunia Beri Pinjaman Rp64 Miliar untuk Infrastruktur Wisata, Ini Dia 3 Titik Sasarannya

Anisatul Umah
Rabu, 28 September 2022 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Bank Dunia Beri Pinjaman Rp64 Miliar untuk Infrastruktur Wisata, Ini Dia 3 Titik Sasarannya Ilustrasi Candi Prambanan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Bank Dunia akan memberi pinjaman total Rp64 miliar untuk membangun infrastruktur di wilayah Prambanan, Sleman. Infrastruktur yang akan dibangun, di antaranya adalah fasilitas Saluran Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT).

Perwakilan dari Bank Dunia, Angelia Budi Nurwihapsari menjelaskan Bank Dunia akan menggelontorkan pinjaman sebesar Rp55 miliar untuk pengembangan SPAM di kawasan Berbah, Kalasan dan Prambanan. Selain itu, juga Rp9 miliar untuk peningkatan kapasitas IPLT di Madurejo, Prambanan.

Advertisement

"Sudah disetujui, jadi nanti tinggal dilelang dan dilaksanakan. Kemudian nanti hasilnya bisa dirasakan oleh bapak ibu sekalian dan pastinya para wisatawan," ucapnya dalam kunjungannya di Balkondes Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, Rabu (28/9/2022).

BACA JUGA: Kesbangpol Sleman Ajak Ormas dan LSM Wujudkan Pemilu Berkualitas

Tidak sendiri, Bank Dunia melakukan kunjungan bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan kunjungan Bank Dunia ini terkait dengan misi program Indonesia Tourism Development Project yang salah satunya berlokasi di Prambanan, Sleman.

Dia menjelaskan, wilayah Prambanan merupakan salah satu kawasan yang masuk ke dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Borobudur–Yogyakarta–Prambanan (KSPN-BYP).

Secara khusus daerah Prambanan menjadi lokasi yang dinamai sebagai Key Tourism Area (KTA). "Oleh karena itu, untuk dapat mendukung program KSPN-BYP ini tentunya diperlukan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang optimal," jelasnya.

Upaya pembangunan sarana prasarana pendukung di Kawasan Prambanan dan sekitarnya dilakukan dengan pendanaan dari APBD, APBN, hibah, atau pinjaman Loan International Bank for Reconstruction and Development (IBRD), termasuk dari Bank Dunia.

Lebih lanjut danang menyampaikan, dalam mendorong wisata, Pemkab Sleman akan melakukan beberapa upaya. Seperti promosi wilayah pariwisata,serta pembangunan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Prambanan untuk Kawasan Berbah, Kalasan, dan Prambanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement