Advertisement

Dukung Raperda Retribusi Tenaga Kerja Asing, Begini Penjelasan Kadin Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 30 September 2022 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
Dukung Raperda Retribusi Tenaga Kerja Asing, Begini Penjelasan Kadin Jogja Ilustrasi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Retribusi Tenaga Kerja Asing (TKA) yang sedang digodok DPRD Jogja didukung Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jogja. Selain untuk meningkatakn pendapatan daerah, Kadin Jogja menilai Rapreda itu juga dapat menekan jumlah TKA non-keterampilan khusus.

Ketua Kadin Jogja Aji Karnanto menilai kehadiran peraturan daerah (perda) untuk mengatur TKA di Jogja amat penting. “Supaya ada payung hukum yang jelas, dan dapat menguntungkan masyarakat Jogja sendiri yang pasti,” jelasnya, Jumat (30/9/2022).

Advertisement

Penarikan retribusi untuk TKA yang dibebankan ke perusahaan yang mempekerjakan, jelas Aji, tidak masalah. “Nanti bisa dilakukan dengan membuat perjanjian kontrak kerja dengan TKA-nya,” jelas Aji.

BACA JUGA: Tol Jogja YIA Lewati Dua Desa di Bantul, Akan Melintasi Perkampungan

Selain meningkatkan pendapatan daerah, lanjut Aji, Perda TKA juga dapat mengurangi TKA yang bisa dikerjakan oleh tenaga lokal. “Kalau saya lihatnya ini juga bisa untuk melindungi masyarakat Jogja, untuk lebih mudah dalam mencari pekerjaaan dan tidak perlu bersaing dengan TKA,” ujarnya.

Aji menilai pekerjaan yang tidak menggunakan keterampilan khusus memang seharusnya bisa diisi oleh masyarakat Jogja sendiri. “Jadi TKA harusnya memang yang berketerampilan khusus, kalau di Jogja kebanyakan seperti kepala koki restoran atau hotel,” katanya.

Aji mendukung Raperda Retribusi TKA ini segera bisa disahkan. “Karena memang maksud peraturannya bagus semoga bisa disahkan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement