Advertisement

Pekan III Oktober Bakal Masuk Musim Hujan, BPBD DIY: Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Sunartono
Senin, 03 Oktober 2022 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Pekan III Oktober Bakal Masuk Musim Hujan, BPBD DIY: Waspadai Bencana Hidrometeorologi Ilustrasi. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — BPBD DIY mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi saat musim pancaroba, khususnya ketika memasuki musim hujan.

Sebagai antisipasi, BPBD DIY telah menyiagakan personel selama 24 jam untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Advertisement

Kepala BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan rata-rata DIY akan memasuki musim hujan pada dasarian II atau sekitar pekan ketiga Oktober 2022. Meski demikian ada variasi di sejumlah wilayah baik di Jogja Utara maupun timur ada maju mundurnya dari perkiraan. Musim pancaroba seringkali ditandai dengan hujan deras disertai angin kencang.

"Seperti yang terjadi pada Minggu [2/10/2022] itu salah satunya yang cukup lebat sebagai pertanda," katanya saat ditemui di Kantor BPBD DIY, Senin (3/10/2022).

BACA JUGA: Ini Rincian Event Acara Puncak Perayaan HUT Ke-266 Kota Jogja

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar peka terhadap segala kemungkinan potensi bencana hidrometeorologi, sehingga dapat menghindari ketika terjadi bencana.

Masyarakat juga diminta untuk aktif dalam membantu mengurangi faktor risiko bencana, seperti memangkas pohon rindang yang volume rantingnya sudah cukup banyak dan membahayakan ketika terjadi angin kencang. Hal ini untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya bencana bersumber dari angin kencang dan hujan deras.

"Angin kencang itu faktor alam yang biasa, tetapi bisa menjadi bencana ketika bertemu dengan pohon rapuh, tua, rimbun atau bangunan yang sudah rapuh karena usia. Ini perlu menjadi perhatian masyarakat," katanya.

Selain itu banjir juga harus diantisipasi karena saat awal memasuki musim hujan biasanya terjadi dengan volume deras. Masyarakat harus peka dalam mengantisipasi potensi banjir di sejumlah titik.

Terutama bersiap untuk pindah dari titik banjir menuju ke lokasi yang lebih aman. "Karena volume air ini cukup tinggi, sehingga limpasan air dari sungai juga harus diantisipasi," ucapnya.

Adapun saat hujan lebat pada Minggu, dilaporkan adanya empat rumah yang terendam banjir di pinggiran Sungai Gajah Wong. Tepatnya di Pedak Baru, Banguntapan, Bantul. Selain itu ada sejumlah titik longsor seperti di Piyungan, Bantul dan beberapa titik di Kulonprogo.

Biwara memastikan penanganan terhadap dampak hujan deras tersebut langsung dilakukan dengan melibatkan semua unsur. BPBD DIY menyiagakan petugas melakui Tim Reaksi Cepat untuk bertugas selama 24 jam untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di musim pancaroba.

"Sebagai instansi yang menangani bencana tentunya kami siapkan personel untuk siap selama 24 jam ketika terjadi bencana. Setiap hari ada yang piket juga di kantor selama 24 jam juga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respons Serangan Israel, Iran Aktifkan Pertahanan Udara dan Tangguhkan Penerbangan Sipil

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement