Advertisement

Program Minapadi Dikembangkan di 3 Kapanewon

David Kurniawan
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:27 WIB
Arief Junianto
Program Minapadi Dikembangkan di 3 Kapanewon Ilustrasi Minapadi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul - Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul terus mengembangkan program minapadi. Hingga sekarang sudah ada tiga kapanewon yang melaksanakan program ini.

Ketiga wilayah itu meliputi Kapanewon Ponjong, Karangmojo dan Wonosari. Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Supriyono mengatakan pengembangan budi daya minapadi sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu. Upaya perluasan terus dilakukan hingga sekarang.

Advertisement

Meski demikian, dia mengakui tidak semua wilayah bisa menerapkan program ini. Pasalnya, didalam pelaksanaan membutuhkan lokasi lahan pertanian yang memiliki sumber air yang mencukupi. “Ya kalau tidak ada sumbernya maka tidak bisa membudidayakannya,” kata Supriyono, Kamis (6/10/2022).

BACA JUGA: Komnas HAM Beberkan Bukti Gas Air Mata Penyebab Utama Kematian Korban Kanjuruhan

Menurut dia, minapadi sudah dikembangkan di Kapanewon Ponjong dan Karangmojo. Adapun terbaru wilayah yang dikembangkan di area lembah desa di Kalurahan Pulutan, Wonosari. “Untuk lokasi kami tebari dengan benih ikan nila,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan pihaknya terus berkomitmen mengembangkan program minapadi.

Menurut dia, pertanian terpadu ini memberikan banyak manfaat. Di satu sisi, para petani bisa memanfaatkan air dari kolam ikan sebagai tambahan pupuk untuk pemeliharaan tanaman padi. Sedang di sisi lain, petani juga dapat memperoleh dari hasil memelihara ikan.

“Ikan yang dihasilkan tidak hanya bisa dijual, tapi juga dapat dikonsumsi. Dengan begini, secara tidak langsung juga ikut mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan,” kata mantan Kepala Dinas Peternakan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement