Advertisement

Ribuan Pelari Berbagai Kota Jajal Rute Sepanjang Sumbu Filosofi Jogja

Sunartono
Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:47 WIB
Bhekti Suryani
Ribuan Pelari Berbagai Kota Jajal Rute Sepanjang Sumbu Filosofi Jogja Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi (tengah) menunjukkan fasilitas bagi pelari yang akan mengikuti event Sibakul Fest Sport, Kamis (20/10/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ribuan pelari bakal menjajal rute sumbu filosofi dalam ajang Sibakul Sport Fest pada November 2022 mendatang. Event lari ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus untuk memfasilitasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Konsep lari pada pagi hari ini rencananya akan digelar pada 26-27 November 2022 mendatangi dengan menggabungkan antara olahraga dengan dengan ekonomi dalam hal ini UMKM. Pada lokasi start dan finish di Stadion Kridosono akan tersaji ratusan UMKM dengan beragam produknya.

Advertisement

"Sampai saat ini ada 1.350 orang pelari dari berbagai kota di Indonesia bakal berpartisipasi melintasi rute instagramable sumbu filosofis Kota Jogja seperti Tugu Pal Putih dan Kraton, melalui sejumlah atribut sumbu filosofi," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, Kamis (20/10/2022).

Sri mengatakan event tersebut merupakan sportainment, selain aktivitas olahraga harapannya dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai kota di Indonesia. Di sisi lain, ada keterlibatan UMKM dalam event tersebut, mulai dari pembukaan stan berjualan produk hingga penggunaan produk UMKM sebagai akomodasi pendukung kegiatan.

BACA JUGA: TRAGEDI KANJURUHAN: Pengawas Pertandingan Diam Saja Tahu Polisi Bawa Benda Terlarang, Kenapa?

"Misalnya medali dan jersey untuk peserta pelari, ini diproduksi langsung oleh UMKM lokal dan kualitasnya tidak kalah dengan pabrikan. Kami ingin mengangkat produk UMKM ini dengan memberikan ruang kepada mereka," katanya.

Koordinator Lapangan Sibakul Sport Fest Septiadi Pityanta menambahkan ada dua kategori lari yaitu jauh 5 kilometer dan 10 kilometer dengan ruter sepanjang sumbu filosofi Kota Jogja. Kategori lari yang bisa diikuti yakni Pelajar, Open dan Master putra-putri, masing-masing untuk 10 dan 5 K. Ia memastikan kegiatan itu tidak akan mengganggu arus lalu lintas, karena deretan pelari dibatasi di setiap ruas, sehingga tidak memenuhi badan jalan.

Para peserta mendapatkan fasilitas running jersey, medali finisher, race BIB timing chip, asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan dan voucer belanja di gerai UMKM. Ia mengklaim pendaftaran tersebut menjadi salah satu paling terjangkau di antara event berkualitas di Indonesia.

"Harapannya event lari yang berstandar ini, dikemas dengan baik, maka akan berdampak pada UMKM DIY semakin berkembang. Peserta lari dari penghobi dari berbagai kota di Indonesia akan datang dan bisa mengenal lebih dekat produk UMKM DIY, bangga dengan produk lokal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement