Advertisement

Kreatif! Siswa SMK Tamansiswa Unjuk Karya Bertema Kearifan Lokal

CRY22
Senin, 07 November 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Kreatif! Siswa SMK Tamansiswa Unjuk Karya Bertema Kearifan Lokal Salah satu penampilan siswa dalam Gelar Karya P5 di SMK Tamansiswa Jogja, Senin (7/11/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - SMK Tamansiswa Jetis menggelar unjuk karya siswa Kelas X dalam acara bertajuk Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertemakan Kearifan Lokal, Senin (7/11/2022). Gelar Karya P5 merupakan salah satu bentuk rangkaian Program Kurikulum Merdeka. 

Kepala SMK Tamansiswa Jetis, Kristiyani menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka penerapan pembelajaran P5 dalam Program Kurikulum Merdeka. "Untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ada pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5. Hari ini para  siswa menampilkan hasil karyanya, khususnya kelas sepuluh. Karena yang melaksanakan Kurikulum Merdeka baru kelas sepuluh," kata Kristiyani, Senin. 

Advertisement

Karya siswa yang ditampilkan, yakni Tari Klana Raja, Tari Barong, akustik lagu berbahasa Jawa, grup band dangdut berbahasa Jawa, pentas teater mengenai Pangeran Diponegoro, show up gelar karya tas dan syal batik, serta besek dan kipas dari anyaman bambu.

BACA JUGA: Vonis Kasus Klithih Gedongkuning Dibacakan Besok, Kuasa Hukum Terdakwa: Kami Siap Banding!

Kegiatan tersebut, menurut Kristiyani, sepenuhnya dikelola oleh siswa. "Kegiatan ini semua dikerjakan oleh siswa, dari master of ceremony, property, aransemen, sutradara, termasuk narasinya. Pamong/guru hanya sebagai fasilitator," katanya.

Kristiyani berharap setelah kegiatan tersebut siswa dapat menyadari pentingnya kebersamaan, menghargai karya orang lain, menumbuhkan sikap gotong royong, kreatif dan percaya diri.

"Dengan begitu SMK Tamansiswa Jetis benar-benar menjadi pusat keunggulan yang bisa mencetak lulusan yang siap kerja," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement