Advertisement

Warga Jogja Jangan Tertipu, Begini Tips Beli Rumah Bersubsidi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 06 Januari 2023 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Warga Jogja Jangan Tertipu, Begini Tips Beli Rumah Bersubsidi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Real Estate Indonesia (REI) DIY memberikan sejumlah tips bagi warga Jogja yang ingin membeli rumah bersubsidi. Hal itu merespons adanya kasus pembelian rumah bersubsidi yang diadukan ke Janabadra Legal Center (JLC).

Ketua DPD REI DIY, Ilham Muhammad menyampaikan untuk membeli rumah subsdi, pembeli perlu  mengecek data pengembang melalui beberapa aplikasi penunjang.

Advertisement

Selain itu, konsumen juga perlu memperhatikan harga properti tersebut. Menurut Ilham, bila lokasi rumah subsidi di Kota Jogja, seharusnya harga yang ditawarkan pun tinggi atau tidak lebih rendah dari harga pasar. "Rumah subsidi agak sulit penyediaannya, karena harga tanah yang relatif mahal," katanya, Jumat (6/1/2023).

Dia juga menyampaikan pembeli perlu mencari tahu mengenai track record atau rekam jejak pengembang."Cari sejarahnya, track record-nya. Sebuah PT dan berkegiatan rumah subsidi datanya pasti ada di Kementerian Perumahan Rakyat [Kemenpera]. Kalau datanya enggak masuk situ, dia enggak akan dapat fasilitas [tidak akan dapat melakukan pengadaan] rumah subsidi," katanya.\

BACA JUGA: Jangan Dipakai! Ini Beberapa Password Medsos yang Paling Mudah Dibobol

Selanjutnya, legalitas pengembang pun perlu diperhatikan. "Bila legalitasnya on going progress, pembeli bisa menanyakan secara detail, misalnya sertifikat induknya. Bila sertifikat induknya belum jadi, izinnya Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang [PKKPR]," katanya.

Menurut Ilham pembeli harus peduli terhadap properti yang akan dibelinya. Sehingga rumah subsidi dapat dimiliki dengan aman dan terhindar dari penipuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bos Microsoft Satya Nadella Kunjungi Indonesia Bawa Investasi Rp28 Triliun, Ini Peruntukannya

News
| Selasa, 30 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement