Advertisement

Keseharian Terduga Teroris Sleman, Jadi Driver Ojol & Aktif ke Masjid

Lugas Subarkah
Senin, 23 Januari 2023 - 12:27 WIB
Sunartono
Keseharian Terduga Teroris Sleman, Jadi Driver Ojol & Aktif ke Masjid Rumah terduga teroris di Pendowoharjo, Sleman, Minggu (22/1/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris berinisial AW, 39, di Jetis Jogopaten, Kalurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Minggu (22/1/2023). Polisi juga menggeledah rumah dan menemukan sejumlah barang bukti, mulai dari bahan peledak hingga buku berisi materi agama.

Dukuh Jetis Jogopaten, Pandowoharjo, Sleman Agus Suwardana menegaskan AW merupakan warga asli di kalurahan tersebut dan tinggal bersama keluarganya, yaitu ibu dan adiknya. “Memang asli sini, jadi sudah lama [tinggal] tapi kadang tinggal di sini, kadang di luar,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (22/1/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Densus 88 Temukan Bahan Peledak di Rumah Terduga 

Menurutnya, sehari-hari pelaku bekerja sebagai driver ojek online. Karena ia tidak terlalu kenal dekat, ia tidak tahu bagaimana kehidupan sosial pelaku. Namun ia memastikan pelaku aktif di masjid. “Informasi dari Pak RT, memang dia aktif kalau jamaah masjid,” katanya.

Saat penggeledahan ia melihat petugas kepolisian membawa keluar sejumlah barang. “Saya dihubungi petugas disuruh hadir di sini untuk mendampingi pemeriksaan rumah,” ujarnya kepada wartawan.

Dalam pemeriksaan tersebut, petugas mengambil sejumlah barang meliputi buku bacaan materi agama, serbuk bahan peledak, senjata tajam seperti pisau dapur, parang, golok. Kemudian kaos, jaket, buku rekening, bukti transfer dan sejumlah barang lainnya.

BACA JUGA : Densus 88 Tangkap dan Geledah Rumah Terduga Teroris

Ia menambahkan petugas membawa barang yang dimasukkan dalam karung, akan tetapi tidak mengetahui isinya. Adapun serbuk bahan peledak yang dibawa diwadahi dalam botol dan sudah diledakkan oleh petugas. “Bahan peledak sudah diledakkan. Infonya satu gabungan, jadi dua. Diledakkan di lapangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement